Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smk Tamansiswa Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9704Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan peran komite sekolah ditinjau dari peningkatan mutu pembelajara menunjukan bahwa peran peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan itu dapat dilihat dari segi peningkatan saran dan prasarana di sekolah. Komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan tak luput dari beberapa perannya tersebut, yang pertama pertimbangan (advisory agency), yang kedua sebagai pendukung (supporting agency), yang ketiga sebagai pengotrol (controlling agency), dan yang keempat sebagai mediator (executive) Komite sekolah sangat berpengaruh dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi untuk menafsirkan fenomena yang terjadi dimana peneliti adalah sebagai instrumen, pengambilan sampel sumber data dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Komite sekolah memiliki beberapa peranan yang harus dijalankan untuk sekolah itu. Memberikan pertimbangan dalam setiap perancanaan dan program yang disusun oleh sekolah. Komite sekolah berperan sebagai lembaga penasehat, lembaga pendukung, lembaga pengendali, juga sebagai lembaga mediator. Oleh karena itu, komite sekolah harus bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah untuk menjalankan pendidikan yang berkualitas.Downloads
Published
2022-12-04
How to Cite
Akmalia, R. ., Syafira, S., Utami, N. T. ., Sianipar, D. R. ., & Simatupang, A. G. . (2022). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smk Tamansiswa Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8505–8510. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9704
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rizki Akmalia, Syafira, Nuria Tri Utami, Desmawati Ramadhani Sianipar, Anggi Gusrina Simatupang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).