Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10636Abstract
SD Negeri 02 Kebondalem dalam pembelajarannya menggunakan Implementasi kurikulum merdeka dan menerapkan profil pelajar pancasila, dalam mewujudkan profil pelajar pancasila SD negeri 02 Kebondalem melaksakan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam pembelajaran P5 guru di SD Negeri 02 Kebondalem menjelaskan materi dengan tema P5 yang sudah dipilih, untuk menghasilkan sebuah projek, guru dan peserta didik dapat membuat produk yang sesuai dari tema yang sudah dipilih tersebut, dengan adanya kegiatan pembelajaran P5 dapat mengembangkan kreativitas sesuai dengan elemen-elemen yang ada pada dimensi profil pelajar pancasila salah satunya pada dimensi kreatif. Fokus penelitian ini Bagaimana penguatan dimensi kreatif profil pelajar pancasila pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Kebondalem berjumlah 23 siswa. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penguatan dimensi kreatif profil pelajar pancasila pada fase B di SD Negeri 02 Kebondalem Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang dapat dikembangkan melalui kegiatan projek, kegiatan projek profil pelajar pancasila tersebut telah dilaksanakan di SD Negeri 02 Kebondalem dan berjalan sudah baik, di peroleh hasil karya kolase yang telah dibuat peserta didik pada fase B dalam penguatan dimensi kreatif melalui penguatan projek profil pelajar pancasila (P5). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyampaikan saran agar pembelajaran P5 tersebut dapat terus dilaksanakan setiap minggunya, agar peserta didik dapat mengembangkan kreativitasnya dalam penguatan dimensi kreatif peserta didik dan peserta didik tidak merasa bosan dalam pembelajaran dan dapat mengeksplor pembelajaaran yang ada pada lingkungan sekitarnya.Downloads
Published
2022-12-25
How to Cite
Yana. A.D., O. ., Ariyanto, P. ., & Huda, C. . (2022). Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12861–12866. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10636
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Olivia Yana. A.D., Prasena Ariyanto, Choirul Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).