Implementasi Kurikulum Dalam Pembelajaran Khususnya Pada Muatan 5 Bidang Studi Utama Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10612Abstract
Kurikulum di Indonesia telah mengalami banyak perubahan. Faktor Perubahan kurikulum tersebut salah satu diantaranya adalah pergantian Menteri pendidikannya. Berganti Menteri berganti pula kurikulum dan kebijakan-kebijakan yang mengikutinya. Nama kurikulumnya berbeda, maka berbeda pula konten di dalamnya dengan ciri khas yang dimaknai pada kurikulum tersebut, setiap kurikulum memiliki karakteristik tersendiri. namun ada persamaan salah satunya yaitu muatan pelajarannya yang terdiri dari 5 bidang studi utama yaitu, PPKn, Bahasa Indonesia, IPA IPS dan Matematika. Ke 5 mata pelajaran tersebut selalu menjadi komponen utama. Muatan 5 bidang studi ini, dalam pengimplementasinya disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan. Implementasi kurikulum memerlukan Kerjasama dan dukungan yang baik dari kepala sekolah, para guru dan peserta didik. Implementasi kurikulum memiliki tiga tahapan yaitu, pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Guru merupakan subjek utama dalam pengimplementasian kurikulum, oleh karenanya harus ditunjang dengan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, salah satunya adalah kompetensi pedagogic yaitu kemampuan dalam mengajar dan mendidik. Implementasi kurikulum dapar berjalan dengan baik, jika ada Kerjasama dan dukungan dari semua pihak yang terlibat untuk memajukan Pendidikan di Indonesia. Perubahan kurikulum dapat dijadikan pengalaman untuk terus belajar menghadapi tantangan zaman pada masa kini dan yang akan datang. Pembentukan karakter pada diri siswa diharapkan sesuai dengan pengimplementasian kurikulum di sekolah.Downloads
Published
2022-12-24
How to Cite
Farid, I. ., Yulianti, R. ., & Nulhakim, L. . (2022). Implementasi Kurikulum Dalam Pembelajaran Khususnya Pada Muatan 5 Bidang Studi Utama Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12753–12759. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10612
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ilham Farid, Reka Yulianti, Lukman Nulhakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).