Mekanisme Kegiatan Pengawasan/Supervisi Bimbingan dan Konseling

Authors

  • Yulia Roza UIN Mahmud Yunus
  • Husni Aini SMK Padang Panjang
  • Dasril Dasril UIN Mahmud Yunus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10567

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk mengetahui yang bahwasannya dalam pengawasan atau supervisi yang dilakukan dalam bimbingan dan konseling merupakan supervisi guru bimbingan dan konseling terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan, pemahaman guru bimbingan konseling dan mampu meningkatkan penguasaan praktik bimbingan. Dimana dengan pelaksanaan supervisi bimbingan konseling yang dilakukan oleh supervisor dapat membantu guru bimbingan konseling untuk meningkatkan dan lebih mengembangkan keterampilan dalam keterampilan layanan bimbingan konseling. Peran pengawasan membutuhkan banyak keterampilan dan nilai yang berbeda dari hubungan terapeutik. Supervisor harus memiliki pendidikan dan pelatihan untuk menjalankan perannya agar guru BK mendapat umpan balik secara berkala sehingga memiliki landasan untuk mengasah kemampuannya. Kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah, diselenggarakan oleh pejabat fungsional yang secara resmi dinamakan guru BK atau konselor. Kemudian supervisi kepala sekolah melakukan suvervisi terhadap kinerja guru bimbingan konseling, memberikan pelatihan terhadap kinerja guru  bimbingan konseling, dan self efficacy terhadap kinerja guru bimbingan konseling, supervisi kepala sekolah, pelatihan, dan self efficacy secara bersama-sama terhadap kinerja guru bimbingan.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Roza, Y. ., Aini, H., & Dasril, D. (2022). Mekanisme Kegiatan Pengawasan/Supervisi Bimbingan dan Konseling . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12597–12605. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10567

Most read articles by the same author(s)