Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD IV Apitaik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10526Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada matapelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran blended learning.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatandeskriptif-kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD IV Apitaik Kabupaten Lombok Timur. Subjek daripenelitian ini adalah siswa kelas V SD IV Apitaik kabupaten Lombok Timur tahun ajaran 2021/2022yang terdiri dari 46 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrument berupa lembar observasi dan lembar soal tes. Analisis data menggunakan reduksi data dan sajian data. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan 2 siklus. Adapun setiap sikluspelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui 4 tahap, yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3)pengamatan, 4) refleksi. Berdasarkanhasil penelitian, hasil yang di capai pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus Ipresentase ketuntasan peserta didik dalam mencapai KKM 70 adalah 24,6% dengan rata-rata kelas 60,5. Pada siklus II presentase ketuntasan peserta didik dalam mencapai KKM 70 adalah 86,95%. dengan rata-rata kelas 79. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan modelpembelajaran blended learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaranIPA di kelas V SD IV Apitaik.Downloads
Published
2022-12-22
How to Cite
Kusumawati, . . E. ., Sururuddin, M. ., & Alwi, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD IV Apitaik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12465–12471. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10526
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eli Kusumawati, Muhammad Sururuddin, Mijahamuddin Alwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).