Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD IV Apitaik

Authors

  • Eli Kusumawati Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Sururuddin Universitas Hamzanwadi
  • Mijahamuddin Alwi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada matapelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran blended learning.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatandeskriptif-kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD IV Apitaik Kabupaten Lombok Timur. Subjek daripenelitian ini adalah siswa kelas V SD IV Apitaik kabupaten Lombok Timur tahun ajaran 2021/2022yang terdiri dari 46 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrument berupa lembar observasi dan lembar soal tes. Analisis data menggunakan reduksi data dan sajian data. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan 2 siklus. Adapun setiap sikluspelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui 4 tahap, yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3)pengamatan, 4) refleksi. Berdasarkanhasil penelitian, hasil yang di capai pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus Ipresentase ketuntasan peserta didik dalam mencapai KKM 70 adalah 24,6% dengan rata-rata kelas 60,5. Pada siklus II presentase ketuntasan peserta didik dalam mencapai KKM 70 adalah 86,95%.  dengan rata-rata kelas 79. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan modelpembelajaran blended learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaranIPA di kelas V SD IV Apitaik.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Kusumawati, . . E. ., Sururuddin, M. ., & Alwi, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD IV Apitaik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12465–12471. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10526