Internalisasi Kecerdasan Ekologis Dalam Konteks Penguatan Pendidikan Karakter

Authors

  • Sisca Septiani STIE WIKARA PUrwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10519

Abstract

Hubungan manusia dengan lingkungan sejatinya harus selalu harmonis karena lingkungan berperan penting untuk kelangsungan hidup manusia. Pentingnya pendidikan karakter di dalam menjalani kehidupan agar memahami dan bisa melestarikan lingkungan maka kecerdasan ekologis dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan dari Peraturan Bupati Nomor 103 Tahun 2021 Tentang Tatanén di Balé Atikan . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Hasil dari penelitian implementasi program Tatanén di Balé Atikan  berjalan sejak Tahun 2021 diterapkan pada Sekolah Dasar dan Menengah, penerapan dimulai dengan perencanaan, pengorganisasian, monitoring dan evaluasi. Buku panduan dibuat Dinas Pendidikan Purwakarta sebagai acuan dalam menerapkan Tatanén di Balé Atikan  sebagai salah satu usaha dalam menumbuhkan kecerdasan ekologis peserta didik sebagai salah satu upaya dalam pendidikan karakter. Hambatan yang ditemui oleh sekolah beragam dimulai dari waktu, komunikasi sesama pengurus organisasi pelaksana program, keadaan geografis sekolah dan sumber daya manusia. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kecerdasan Ekologis, Tatanen di Bale Atikan

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Septiani, S. (2022). Internalisasi Kecerdasan Ekologis Dalam Konteks Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12527–12533. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10519