Internalisasi Kecerdasan Ekologis Dalam Konteks Penguatan Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10519Abstract
Hubungan manusia dengan lingkungan sejatinya harus selalu harmonis karena lingkungan berperan penting untuk kelangsungan hidup manusia. Pentingnya pendidikan karakter di dalam menjalani kehidupan agar memahami dan bisa melestarikan lingkungan maka kecerdasan ekologis dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan dari Peraturan Bupati Nomor 103 Tahun 2021 Tentang Tatanén di Balé Atikan . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Hasil dari penelitian implementasi program Tatanén di Balé Atikan berjalan sejak Tahun 2021 diterapkan pada Sekolah Dasar dan Menengah, penerapan dimulai dengan perencanaan, pengorganisasian, monitoring dan evaluasi. Buku panduan dibuat Dinas Pendidikan Purwakarta sebagai acuan dalam menerapkan Tatanén di Balé Atikan sebagai salah satu usaha dalam menumbuhkan kecerdasan ekologis peserta didik sebagai salah satu upaya dalam pendidikan karakter. Hambatan yang ditemui oleh sekolah beragam dimulai dari waktu, komunikasi sesama pengurus organisasi pelaksana program, keadaan geografis sekolah dan sumber daya manusia. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kecerdasan Ekologis, Tatanen di Bale AtikanDownloads
Published
2022-12-23
How to Cite
Septiani, S. (2022). Internalisasi Kecerdasan Ekologis Dalam Konteks Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12527–12533. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10519
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sisca Septiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).