Pengaruh Atikan Purwakarta Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5290Abstract
Pendidikan karakter adalah sebuah kebutuhan yang berkelanjutan untuk menguatkan kesadaran masyarakat Indonesia bahwa masa depan harus lebih baik dan juga diusahakan dengan membangun karakter anak Indonesia ke arah positif. Pemerintah Kabupaten Purwakarta menerapkan unsur tematik di dalam sistem pendidikannya, tertulis pada Peraturan Bupati Nomor 69 tahun 2015 tentang Pendidikan Berkarakter. Hasil penelitian Atikan Purwakarta berpengaruh terhadap pembentukan karakter dibuktikan dengan uji regresi yang memiliki tanda positif (0,640), hasil perhitungan uji korelasi didapat koefisien korelasi sebesar 0,777 menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara variabel Atikan Purwakarta (X) dengan variabel pembentukan karakter (Y), nilai R-square (R2) sebesar 0,603 sehingga diperoleh koefisien determinasi sebesar 60,3% (0,603x100%). Hasil penelitian secara kualitatif diperoleh hasil penelitian kedua SMP sudah menerapkan Atikan Purwakarta dengan tiga basis proses penanaman karakter yaitu dalam program kulikuler, dalam program ekstrakulikuler dan dalam kebiasaan di sekolah maupun di luar sekolahdan program pembiasaan yang dilakukan oleh kedua SMP sudah dilaksanakan dengan baik, sedikit perbedaan dalam hal pelaksanaanya dikarenakan ada sekolah yang tidak mempunyai sarana dan prasarana yang memadai. Simpulan dari penelitian Pelaksanaan program Atikan Purwakarta terhadap pembentukan karakter pada SMPN 1 dan SMPN 3 Kabupaten Purwakarta sudah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan Atikan Purwakarta melalui kegiatan kegiatan pembiasaan yang dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah.Downloads
Published
2022-07-09
How to Cite
Septiani, S. (2022). Pengaruh Atikan Purwakarta Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 753–757. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5290
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sisca Septiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).