Pengaruh Atikan Purwakarta Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Purwakarta

Authors

  • Sisca Septiani STIE WIKARA PUrwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5290

Abstract

Pendidikan karakter adalah sebuah kebutuhan yang berkelanjutan untuk menguatkan kesadaran masyarakat Indonesia bahwa masa depan harus lebih baik dan juga diusahakan dengan membangun karakter anak Indonesia ke arah positif. Pemerintah Kabupaten Purwakarta menerapkan unsur tematik di dalam sistem pendidikannya, tertulis pada Peraturan Bupati Nomor 69 tahun 2015 tentang Pendidikan Berkarakter. Hasil penelitian Atikan Purwakarta berpengaruh terhadap pembentukan karakter dibuktikan dengan uji regresi yang memiliki tanda positif (0,640), hasil perhitungan uji korelasi didapat koefisien korelasi sebesar 0,777 menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara variabel Atikan Purwakarta (X) dengan variabel pembentukan karakter (Y), nilai R-square (R2) sebesar 0,603 sehingga diperoleh koefisien determinasi sebesar 60,3% (0,603x100%). Hasil penelitian secara kualitatif diperoleh hasil penelitian kedua SMP sudah menerapkan Atikan Purwakarta dengan tiga basis proses penanaman karakter yaitu dalam program kulikuler, dalam program ekstrakulikuler dan dalam kebiasaan di sekolah maupun di luar sekolahdan program pembiasaan yang dilakukan oleh kedua SMP sudah dilaksanakan dengan baik, sedikit perbedaan dalam hal pelaksanaanya dikarenakan ada sekolah yang tidak mempunyai sarana dan prasarana yang memadai. Simpulan dari penelitian Pelaksanaan program Atikan Purwakarta terhadap pembentukan karakter pada SMPN 1 dan SMPN 3 Kabupaten Purwakarta sudah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan Atikan Purwakarta melalui kegiatan kegiatan pembiasaan yang dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah.  

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

Septiani, S. (2022). Pengaruh Atikan Purwakarta Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 753–757. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5290