Analisa Kemampuan Membaca Anak Melalui Buku Bergambar Dampak Berakhirnya Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Kelas Rendah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10458Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Analisa Kemampuan Membaca Anak Melalui Buku Bergambar Dampak Berakhirnya Pandemi Covid-19 Kelas I SDN Nginggil Blora” pada siswa anak kelas 1. Hal tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah : Analisa Kemampuan Membaca Anak Melalui Buku Bergambar Dampak Berakhirnya Pandemi Covid-19 Kelas I SDN Nginggil Blora”. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai kemampuan membaca anak melalui buku gambar dampak berakhirnya pandemi Covid-19 kelas 1 SDN Nginggil Blora. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dalam bentuk kata – kata , gambar , bukan angka – angka menurut Bogdan dan Taylor. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dari pelaku yang diamati sebagaimana yang dikutip oleh Lexy J. Meleong. Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditunjukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun rekayasa manusia. Populasi yang digunakan adalah seluruh sampel kelas 1 tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan data berdasarkan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Dapat disimpulkan dari siswa kelas I SDN Ninggil Blora yang berjumlah tujuh siswa. Terdapat dua siswa yang masih sangat kurang dalam kemampuan membaca yaitu Ali dan Yoga. Tiga siswa yaitu Mira, Ranti dan Daffa sudah dapat membaca namun masih belajar untuk melancarkan kemampuan membaca agar tidak perlu meng-eja lagi dan dapat membedakan huruf-huruf. Selanjutnya dua siswa lainnya yaitu Bidadari dan Sahwa sudah dapat membaca dengan baik dan lancar, mereka sudah dapat mengenal tanda-tanda bacaan dan dapat membaca secara bebas bacaan-bacaan pada buku atau lainnya.Downloads
Published
2022-12-20
How to Cite
Kornila, I. ., Munawar, M. ., Prasetiyawati, D. ., & Hariyanti, D. . (2022). Analisa Kemampuan Membaca Anak Melalui Buku Bergambar Dampak Berakhirnya Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12322–12329. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10458
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Idzah Kornila, Muniroh Munawar, Dwi Prasetiyawati, Diyah Hariyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).