Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Bakti Pertiwi 01 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13396Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan motorik kasar anak usia dini di TK Bakti Pertiwi 01 Semarang kelompok B, terlihat masih rendah dalam hal melompat, engklek, dan berjinjit. Kemampuan motorik kasar (kekuatan dan keseimbangan) anak usia dini di TK Bakti Pertiwi 01 Semarang kelompok B, belum berkembang secara optimal. Anak usia dini di TK Bakti Pertiwi 01 Semarang kelompok B, cenderung kurang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional lompat tali pada kelompok B usia 5-6 tahun di TK Bakti Pertiwi 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Sumber data penelitian adalah guru dan anak kelompok B. Data penelitian berupa hasil studi peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional lompat tali pada kelompok B usia 5-6 tahun di TK Bakti Pertiwi 01 Semarang. Prosedur penelitian menggunakan epat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas data dengan trianggulasi teknik, yaitu hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan statistik deskripstif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan, bahwa upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional lompat tali pada kelompok B usia 5-6 tahun di TK Bakti Pertiwi 01 Semarang, dilakukan pembelajaran motorik kasar anak dengan dua siklus dan dilakukan dengan empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Hasil capaian motorik kasar anak kelompok B di TK Bakti Pertiwi 01 Semarang pada siklus I, diperoleh nilai total rata-rata persentase sebesar 75% dalam kategori berkembang sesuai harapan. Pada siklus II, diperoleh nilai total rata-rata sebesar 87% dalam kategori berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa capaian motorik kasar anak yang dilakukan melalui kegiatan lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Bakti Pertiwi 01 Semarang, siklus I sebesar 75% dalam kategori berkembang sesuai harapan meningkat pada siklus II menjadi 87% dalam kategori berkembang sangat baik. Kata Kunci: Perkembangan Motorik Kasar Anak, Permainan Tradisional Lompat TaliDownloads
Published
2023-03-29
How to Cite
Nurrokhmah, D. M., Munawar, M. ., & D.H, D. P. . (2023). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Bakti Pertiwi 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2072–2078. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13396
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Denok Mayasari Nurrokhmah, Muniroh Munawar, Dwi Prasetiyawati D.H
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).