Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada anak masa pandemi)

Authors

  • Andri Anugrahana Universitas Sanata Dharma
  • Uut Avi Rustiani Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10271

Abstract

Masa kanak-kanak adalah masa yang paling penting khususnya pada usia 0 smpai 6 tahun. Maka penting menanamkan keterampilan hidup pada anak-anak sehingga anak- anak akan menjadi mandiri dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Lingkungan memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Masa pandemi Covid 19 memberikan dampak pada anak kususnya anak usia dini, dimana anak harus belajar dan bermain di rumah. Orang yang ada di sekitar anak perlu memberikan perhatian dan peran khusus selama mendampingi anak belajar dan bermain di rumah. Lingkungan memiliki peran penting dalam tahap perkembangan anak. Lingkungan yang mendukung akan dapat membantu perkembangan anak khususnya literasi membaca dan numerasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran lingkungan dan juga orang tua dalam implementasi pembelajaran di rumah pada anak usia dini, serta mengetahui hasil belajar yang diperoleh anak melalui program belajar di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif study kasus. Informan penelitian seorang anak dan juga orang yang ada di sekitar anak. Informan utama orang tua, guru pendamping dan informan pendukung anak. Data diperoleh dengan wawancara dan observasi partisipan pada anak. Data kemudian diolah dan dianalisi. Hasil dari penelitian ini adalah peran orang tua, keluarga dan juga lingkungan sekitar akan sangat membantu menunjang pendidikan anak, hal ini dibuktikan dengan pendampingan pada anak dengan maksimal. Perkembangan anak seperti keterampilan hidup sehari hari, kemampuan literasi membaca dan numerasi yang baik pada anak. Orang tua yang meluangkan waktu pada anak, berkomunikasi dengan baik pada anak maka akan menambah perkembangan anak.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Anugrahana, A. ., & Rustiani, . U. A. . (2022). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada anak masa pandemi). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11434–11437. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10271