Layanan Bimbingan Kelompok Belajar Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas IX Cerdas Istimewa di SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10246Abstract
Interaksi Sosial merupakan cara membina hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok dalam hubungan timbal balik tersebut dapat saling membentuk suatu perilaku. Perlu adanya usaha untuk meningkatkan interaksi sosial dengan memberikan layanan bimbingan kelompok belajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok belajar dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas IX Cerdas Istimewa di SMP Negeri 5 Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini berjumlah 19 siswa. Berdasar perhitungan skor pre-test, terpilih 9 siswa sebagai subjek penelitian dengan tingkat interaksi sosial dalam kategori sedang dan rendah. Analisis uji validitas dengan rumus product moment dan analisis uji reliabilitas dengan rumus alpha cronbach. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket interaksi sosial dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis uji wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian diketahui nilai Z yang didapat sebesar -2,668 dengan p value Asymp. Sig (2-Tailed) sebesar 0,008 dimana nilai tersebut kurang dari batas kritis penelitian yaitu 0,05. Skor rata-rata interaksi sosial siswa sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok belajar sebesar 100,66 yang berada dalam kategori rendah, setelah dilaksanakan bimbingan kelompok belajar meningkat rata-rata sebesar 39,1 poin menjadi 139,78 yang berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan penjelasan di atas, maka pada penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu layanan bimbingan kelompok belajar efektif dalam meningkatkan interaksi siswa kelas IX Cerdas istimewa pada siswa di SMP Negeri 5 Tasikmalaya.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
taqwa , D. imtisal, Saputra, W. N. E. ., & Handayani, N. (2022). Layanan Bimbingan Kelompok Belajar Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas IX Cerdas Istimewa di SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4538–4543. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10246
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dita imtisal taqwa ,Wahyu Nanda Eka Saputra, Nur Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).