Upaya Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri dengan Teknik Problem Based Learning Siswa Kelas 7.G SMP N 1 Jumapolo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5541Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa melalui Teknik Problem Based Learning yang dilakukan pada siswa kelas 7.G SMP N 1 Jumapolo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan” yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. penelitian ini mengkaji permasalahan penyesuaian diri yang ada pada kelas 7.G SMPN 1 Jumapolo tergolong masih rendah. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode pramblome based learning. Penelitian ini dilakukan kelas 7.G SMPN 1 Jumapolo. Peserta didik ini mengalami masalah terkait penyesuaian diri. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh peningkatan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 52%, siklus I: 56 %, siklus II: 75%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal metode problem based learning dalam upaya meningkatkan penyesuaian diri kelas 7.G SMPN 1 Jumapolo terdapat adanya peningkatanDownloads
Published
2022-07-20
How to Cite
Palupi, R. S. S. ., Saputra, W. N. E. ., & Handayani, N. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri dengan Teknik Problem Based Learning Siswa Kelas 7.G SMP N 1 Jumapolo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1426–1433. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5541
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rosi Sekar Sari Palupi, Wahyu Nanda Eka Saputra, Nur Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).