Upaya Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri dengan Teknik Problem Based Learning Siswa Kelas 7.G SMP N 1 Jumapolo

Authors

  • Rosi Sekar Sari Palupi Universitas Ahmad Dahlan
  • Wahyu Nanda Eka Saputra Universitas Ahmad Dahlan
  • Nur Handayani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5541

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa melalui Teknik Problem Based Learning yang dilakukan pada siswa kelas 7.G SMP N 1 Jumapolo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan” yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. penelitian ini mengkaji permasalahan penyesuaian diri yang ada pada kelas 7.G SMPN 1 Jumapolo tergolong masih rendah. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode pramblome based learning. Penelitian ini dilakukan kelas 7.G SMPN 1 Jumapolo. Peserta didik ini mengalami masalah terkait penyesuaian diri. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh peningkatan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 52%, siklus I: 56 %, siklus II: 75%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal metode problem based learning dalam upaya meningkatkan penyesuaian diri kelas 7.G SMPN 1 Jumapolo terdapat adanya peningkatan

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Palupi, R. S. S. ., Saputra, W. N. E. ., & Handayani, N. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri dengan Teknik Problem Based Learning Siswa Kelas 7.G SMP N 1 Jumapolo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1426–1433. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5541