HUBUNGAN UMUR DAN STATUS GIZI DENGAN KELELAHAN KERJA PADA BIDAN DI RSIA BUNDA ANISAH TAHUN 2020

Authors

  • Rizki rahmawati lestari Universitas Pahalwan Tuanku Tambusai
  • Lira Mufti Azzahri Isnaeni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Umur, Status Gizi, Kelelahan Kerja.

Abstract

ABSTRAK Kelelahan merupakan kondisi fisik dan psikis yang lelah atau pun capek salah satu akibat pekerjaan, ini bisa dirasakan lansung oleh tubuh dan bisa dilihat apa yang dialaminya. Kemudian setiap Bidan yang mengalami kelelahan kerja dapat dipastikan kinerjanya tidak akan maksimal terhadap kesembuhan pasien dan juga menurunkan produktivitas Bidan dalam memberikan pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja di RSIA Bunda Anisah Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17-24 Juni 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah Bidan di RSIA Bunda Anisah yang berjumlah 131, dengan jumlah sampel yaitu 95 orang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner serta mengukur tinggi dan berat badan Bidan. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dengan uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan yang signifikan antara umur, dan status gizi dengan kelelahan kerja pada Bidan dimana nilai (P value=0,000) umur, POR=6,94, nilai (P value=0,001) status gizi, POR=5,37. Diharapkan kepada Bidan agar mengontrol status gizinya dengan cara meningkatkan asupan makanan untuk meminimalisir terjadinya kelelahan kerja.

References

BPJS Ketenagaan Kerjaan RI. (2018). Data Kecelakaan provinsi riau tahun 2018.

ILO. 20013. Encyclopedia of Occupational Health and Safety. Geneva.

Kemenkes. (2016). Data tentang jumlah tenaga kerja rumah sakit dan penunjang kesehatan.

Komite Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang. (2019). Data Kelelahan Kerja BIDAN Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang. Kampar: K3

Mentri Tenaga Kerja. (2013) Data Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang kecelakaan kerja.

Perwitasari, D. dan A.R. Tualeka. (2014). Faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Kerja Subjektif Pada BIDAN di RSUD DR. Mohommad Soewandhi Surabaya. The Indonesian Journal of Safety, Health And Environment, 1 (1): 15–23.

Sucipto. (2014). Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta : Gosyen Publising.

Suma’mur, PK. (2009). Higiene Perusahaaan dan Keselamatan Kerja (Hiperkes). Jakarta: Sagung Seto.

. (2013). Higiene Perusahaaan dan Keselamatan Kerja (Hiperkes). Jakarta: Sagung Seto.

Tarwaka. (2010). Ergonomi Industri: Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Downloads

Published

2020-06-17

Issue

Section

Articles