FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAWATAN PAYUDARA PADA IBU NIFAS DI DESA LUBUK BATANG BARU WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS LUBUK BATANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TAHUN 2021

Authors

  • Titik Sugiarti Universitas Kader Bangsa
  • Satra Yunola Universitas Kader Bangsa
  • Syarifah Ismed Universitas Kader Bangsa

Keywords:

Perawatan Payudara, Pengetahuan, Pendidikan dan Paritas

Abstract

Perawatan payudara pada masa nifas merupakan perawatan yang dilakukan untuk mempersiapkan payudara agar dalam kondisi baik saat menyusui bayinya, meliputi perawatan kebersihan payudara baik sebelum maupun sesudah menyusui. Tujuannya yaitu diketahuinya hubungan pengetahuan, pendidikan dan paritas secara simultan dengan Perawatan Payudara Pada Ibu Nifas di Desa Lubuk Batang Baru Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu Tahun 2021. Desain penelitian ini menggunakan metode Survey Analitik dengan desain Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sasaran ibu nifas di Desa Lubuk Batang Baru Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu periode januari – juli 2021 berjumlah 53 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 48 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cheklist pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2021, dengan teknik accidental Sampling menggunakan menggunakan uji chi square. Dari hasil analisis diketahui ada hubungan pengetahuan secara parsial dengan perawatan payudara pada ibu nifas dengan p value = 0,016, ada hubungan Ada hubungan pendidikan secara parsial dengan perawatan payudara pada ibu nifas dengan p value = 0,032, ada hubungan paritas secara parsial dengan perawatan payudara pada ibu nifas dengan p value = 0,027. Disarankan agar Puskesmas Lubuk Batang dapat meningkatkan pelayanan kebidanan yang diberikan kepada ibu hamil, nifas, menyusui serta pendidikan kesehatan ibu nifas harus ditingkatkan lagi khususnya mengenai perawatan payudara.

References

Alhadar. F dan Irawati. U, 2017. Pengaruh Perawatan Payudara Pada Ibu Hamil Terhadap Peningkatan Produksi Asi Diwilayah Kerja Puskesmas Kota Kecamatan Kota Turnate Tengah.

BPS, 2020. Persentase Bayi Usia Kurang Dari 6 Bulan Yang Mendapatkan Asi Eksklusif Menurut Provinsi. 2018-2020.

Dirgahayu, Nadia. 2015. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gonilan Kartasura Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Skripsi.

Kemenkes RI, 2013. Manajemen Laktasi Buku Panduan Bagi Petugas Kesehatan Di Puskesmas. Jakarta: Direktorat Gizi Masyarakat

Kristiyanasari. W. 2015.ASI, Menyusui dan Sadari Sujiantini.Yogyakarta: Nuha Medika; November 2015.

Kuswati & Istikhomah. 2017. Peningkatan Kecepatan Pengeluaran Kolostrum Dengan Perawatan Totok Payudara Dan Pijat Oksitosin Pada Ibu Post Partum Di Wilayah Klaten. Jurnal : Politeknik Kesehatan Surakarta.

Prawita, A. ayu, & Salima, M. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Nifas Tentang Perawatan Payudara dengan Pelaksanaan Perawatan Payudara di Klinik Pratama Niar Medan.

Sitorus, Riris, 2021. Pemberian Kompres Kentang terhadap Mastitis Non Infeksi Pada Ibu Menyusui. Fakultas Kebidanan Inkes Medistra Lubuk Pakam. Jurnal Kebidanan Kestra (JKK), e-ISSN 2655-0822 Vol. 3 No.2 Edisi November 2020 – April 2021

Wulandatika, 2017. Perilaku Perawatan Payudara Pada Ibu Postpartum Di BPM Idi Istiadi Banjarbaru (Breast Care Behavior in Postpartum Mother In Independent Practice of Midwives Idi Istiadi Banjarbaru.) Darmayanti Program Studi D3 Kebidanan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Yanti, P. D. 2017. Hubungan Pengetahuan, Sikap Ibu Dengan Bendungan ASI Di Puskesmas Sidomulyo Pekanbaru.

Yuli, 2011. Hubungan Pengetahuan Ibu terhadap perawatan payudara pada Masa Nifas di Puskesmas Sragen Tahun 2011

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles