PENGARUH JUS PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU NIFAS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGKINANG

Authors

  • Sukma Julita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Amir Luthfi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Erlinawati Erlinawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai https://orcid.org/0000-0003-4281-3029

Keywords:

Produksi ASI, Jus Buah Pepaya

Abstract

Pendahuluan : ASI dalam jumlah yang cukup merupakan makanan terbaik bagi bayi dan dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi selama 6 bulan pertama. Salah satu faktor penyebab rendahnya angka pemberian ASI eksklusif dikarenakan ASI yang sulit keluar di minggu pertama setelah melahirkan. Buah pepaya merupakan jenis tanaman yang mengandung laktagogum memiliki potensi dalam menstimulasi hormon oksitoksin dan prolaktin dalam meningkatkan dan memperlancar produksi ASI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jus pepaya terhadap produksi ASI pada ibu nifas di Wilayah Kerja UPT BLUD Puskesmas Bangkinang. Metode : Jenis penelitian ini adalah eksperimen, design penelitian ini menggunakan quasi experimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu nifas hari ke 2-7 di Wilayah Kerja UPT BLUD Puskesmas Bangkinang tahun 2021 dengan jumlah sampel adalah 21 orang, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil : Rerata produksi ASI sebelum diberikan jus pepaya 75,57 ml/hari, sedangkan rerata produksi ASI setelah diberikan jus pepaya 110,71 ml/hari. Simpulan : Setelah dilakukan uji t dependen didapatkan nilai p value 0,000 (< 0,05) artinya ada pengaruh pemberian jus pepaya terhadap produksi ASI pada ibu nifas di Wilayah Kerja UPT BLUD Puskesmas Bangkinang. Diharapkan pada responden untuk dapat meningkatkan produksi ASI ibu nifas dengan melakukan pijatan payudara dan mengkonsumsi tanaman herbal seperti buah pepaya untuk meningkatkan produksi ASI.

Author Biographies

Sukma Julita, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Midwiferry

Amir Luthfi, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Humaniora

Erlinawati Erlinawati, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Midwifery

References

Chahyanto, A, B. Roosita, K. (2013) ‘Analisis Kadar vitamin C pada Buah Nanas Segar dan Buah Nanas Kalengan dengan Metode Sektrofometri UV-VIS, Jurnal Gi zi dan Pangan, 8(2).

Istiqomah, S.B. (2015). Pengaruh Buah Pepaya Terhadap Kelancaran Produksi ASI IbuMenyusui Di Desa Wonokerto Di Wilayah Puskesmas Peteronga Kabupaten Jombang Pada Tahun 2014. Jurnal Edu Health, Vol. 5 No. 2, September 2015 103.

Muhortono, dkk. (2018). Pengaruh Pemberian Buah Pepaya (Carica Papaya L.) Terhadap Kelancaran Produksi Air Susu Ibu (ASI) Pada Ibu Menyusui. Puskesmas Peterongan Jombang Tahun 2014. Jurnal Edu Health. 5(2) : 58-63.

Wirdaningsih. (2020). Pengaruh Pemberian Buah Pepayat Terhadap Kelancaran Air Pada Ibu Menyusui Diwilayah Kerja Puskesmas Muara Badak. Jurnal Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Book

Hegar. B. (2018). Bedah ASI Kajian dari berbagai sudut Pandang Ilmiah. Jakarta : IDI Cabang DKI.

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2014).Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisis Data Contoh Aplikasi Studi Kasus. Jakarta : Salemba Medika.

Maryunani, Anik. (2012). Inisiasi Menyusui Dini, ASI Eksklusif dan Manajemen Laktasi. Jakarta : CV. Trans Info Media.

Murtiana, T (2011).Buah Pepaya. Pustaka Cipta, Jakarta.

Walyani & Purwoastuti. (2015).Asuhan Kebidanan Masa Nifas & Menyusui.

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles