PELATIHAN ZERO ACCIDENT MELALUI EDUKASI BERBASIS KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI LINGKUNGAN RUMAH TANGGA PADA IBU PKK DESA SANROBONE KEC. SANROBONE KAB. TAKALAR

Authors

  • Ikhram Hardi S Universitas Muslim Indonesia
  • Arni Rizqiani Rusydi Universitas Muslim Indonesia
  • Haeruddin Haeruddin Universitas Muslim Indonesia
  • Reza Aril Ahri Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9951

Keywords:

Zero Accident, Edukasi K3, Rumah Tangga.

Abstract

Potensi bahaya di lingkungan rumah tangga sangat banyak yang di dalamnya mencakup bahaya faktor fisika, kimia, biologi, ergonomi dan psikologi. Beberapa bahaya potensial di rumah tangga seperti penerangan di ruangan yang belum memenuhi syarat kesehatan, mengangkat dan memindahkan benda melebihi beban yang dipersyaratkan serta posisi kerja yang tidak ergonomis, terdapat serangga dan bakteri pada area tertentu di dalam rumah, penggunaan bahan-bahan kimia dalam rumah tangga, hubungan yang kurang harmonis antar penghuni, dan masih banyak bahaya potensial yang terdapat dalam rumah tangga. Keberadaan faktor bahaya tersebut dapat mempengaruhi keselamatan dan kesehatan penghuni rumah. Berbagai kemungkinan risiko kecelakaan kerja yang dapat terjadi di lingkungan rumah tangga adalah kelelahan mata saat membaca atau menulis akibat penerangan yang kurang baik, keluhan Musculoskeletal Disorder (MSDs) akibat mengangkat dan memindahkan benda, luka atau bahkan kematian akibat gigitan serangga atau binatang berbisa. Selain itu, risiko lainnya adalah keracunan atau korban meninggal dunia akibat kesalahan prosedur dalam penggunaan bahan kimia, alergi kulit dan penyakit asma akibat debu di rumah, luka atau patah tulang akibat perselisihan antar penghuni rumah, dan risiko lainnya. Tujuan dari PkM ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kecelakaan dan keselamatan kerja di lingkungan rumah tangga dan meningkatkan skill masyarakat dalam mengantisipasi kecelakaan dan keselamatan kerja di lingkungan rumah tangga. Berdasarkan permasalahan mitra yang telah diuraikan, maka solusi yang kami tawarkan adalah membangun pengetahuan dan image masyarakat tentang pentingnya mengetahui kecelakaan dan keselamatan kerja di lingkungan rumah tangga dan Memiliki skill dalam mengantisipasi kecelakaan dan keselamatan kerja di lingkungan rumah tangga. Kegiatan PkM ini berfokus pada nilai keilmuan yaitu ilmu kesehatan dan keselamatan kerja serta dilandasi oleh ilmu kesehatan masyarakat. Tahapan dalam mencari solusi dari permasalahan mitra adalah observasi dan pengumpulan data untuk bahan kajian permasalahan mitra di lapangan, Penentuan prioritas masalah mitra dan pemilihan mitra pengabdian masyarakat, diskusi dan wawancara penentuan solusi dan kegiatan yang disepakati dengan mitra, penandatanganan surat persetujuan mitra untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan, hasil dari pre dan post tes diperoleh peningkatan pengetahuan masyarakat sebesar 9,38 %. Hal ini menandakan bahwa tingkat antusiasme masyarakat mengenai materi yang dipaparkan adalah cukup baik. Setelah kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, ibu-ibu PKK juga diharapkan dapat senantiasa menerapkan keamanan dan keselamatan kerja di lingkungan rumah tangga. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari tim pengabdi kepada ketua PKK Desa Sanrobone Kab. Takalar dan juga dilakukan foto bersama.

References

Altifani, Jurnal. 2021. “Sosialisasi K3 Kelistrikan Dan Upaya Penghematan Energi Di Desa Kuluran Kalitengah Lamongan.” 1(4):331–37. doi: 10.25008/altifani.v1i4.172.

Astorina, Nikie, Yunita Dewanti, Yuliani Setyaningsih, and Siswi Jayanti. 2018. “Faktor Risiko Bahaya Tempat Kerja Dan Lingkungan Rumah Terhadap Kesehatan Home-Based Worker Di Kota Semarang.” 17(1):52–58.

Bagi, Listrik, Masyarakat Di, and Wilayah Papanggo. 2022. “Kami Mengabdi Penyuluhan Tentang Bahaya Akan Arus Pendek Persentase.” 1(September):1–6.

Bantuan, Penangangan, Hidup Dasar, B. H. D. Dan, D. A. N. Keselamatan, K. Kerja, Lingkungan Rumah, and Siti Nani Nurbaeti. 2020. “Penangangan Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Dan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Lingkungan Rumah Tangga.” 26(1):47–52.

Kekhususan, Program, Hukum Bisnis, Fakultas Hukum, Pekerja Rumah Tangga, Pekerja Rumah Tangga, and Keselamatan Kerja. 2015. “Lembaga Penyalur Pekerja Rumah Tangga.” 1–13.

Keselamatan, Sosialisasi, Kerja Elektronika, Rumah Tangga, and Boiya Kecamatan. 2021. “Volume 3 Nomor 2 ( 2021 ) ISSN Online?: 2716-4225 Universitas Muhammadiyah Enrekang 4 Dosen Universitas Muhammadiyah Sidrap Email?: Achank.Hasan80@gmail.Com , 2 Aminullahbiologi@gmail.Com.” 3:42–49.

Marfuah, Umi, Didi Sunardi, and Aria Purnamasari Dewi. 2020. “Evaluasi Pelatihan Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Di Lingkungan Rumah Tangga.” 3:470–78.

Pamungkas, Muhammad Putra, Reni Permata Sari, and Kusuma Wardany. 2021. “Sosialisasi Dasar Teknik Instalasi Listrik Rumah Tangga Di Kelurahan Kecamatan Trimurjo.” 3(2):41–48. doi: 10.36312/sasambo.v3i2.394.

Sultan, Muhammad, Keselamatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, and Universitas Mulawarman. 2021. “Perilaku Pengendalian Bahaya Kecelakaan Kerja Di Rumah Tangga Pada Masyarakat Kota Samarinda.” 2(50):82–90.

Downloads

Published

2022-11-30 — Updated on 2022-12-09

Versions

How to Cite

Hardi S, I., Rusydi, A. R. ., Haeruddin, H., & Ahri, R. A. . (2022). PELATIHAN ZERO ACCIDENT MELALUI EDUKASI BERBASIS KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI LINGKUNGAN RUMAH TANGGA PADA IBU PKK DESA SANROBONE KEC. SANROBONE KAB. TAKALAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2048–2052. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9951 (Original work published November 30, 2022)