PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENJADI PAVING BLOK

Authors

  • Kasmaida Kasmaida Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Mustakim Mustakim Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Ashadi Amir Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nurfadilah Ruslan Universitas Muhammadiyah Parepare

Keywords:

Sampah, lingkungan, paving block

Abstract

Saat ini lingkungan menjadi fokus perhatian utama dalam proses usaha pelestarian bumi, pertambahan jumlah penduduk tentunya akan menghasilkan pertambahan jumlah volume sampah dan sampah tersebut akan mengakibatkan sumber pencemaran lingkungan, pencemaran tanah, pencemaran air, dan terjadinya penyumbatan saluran air yang menyebabkan suatu kota akan menimbulkan banjir apabila tidak dikelola dengan baik. Banyaknya tumpukan sampah limbah padat anorganik yang belum terkelola dengan baik menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan sehingga saat musim hujan mengakibatkan tersumbatnya saluran drainase akibat masuknya sampah ke dalam saluran drainase sehingga mengakibatkan terjadinya banjir. Adapun teknologi bahan dalam pembuatan paving dengan campuran limbah plastik tentunya sangat berdampak dalam mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah plastik. Dalam mengatasi permasalahan yang terjadi pada masyarakat sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya, maka dalam Program Kemitraan Masyarakat ini ditawarkan beberapa metoda pendekatan yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah yang ada yaitu dengan melakukan Metode penyampaian edukasi mengenai sampah diawali dengan sistem pengajaran Ceramah dan Pendampingan (Workshop), yakni dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan dan praktek kepada masyarakat.

References

Burhanuddin, B., Basuki, B., Darmanijati, M. R. S. (2018). Pemanfaatan Limbah Plastik Bekas Untuk Bahan Utama Pembuatan Paving Block. Jurnal Rekayasa Lingkungan, 18(1).

Deloitte Indonesia Prespective. 2019. Generasi Milenial Dalam Industri 4.0: Berkah Bagi Sumber Daya Manusia Indonesia Atau Ancaman.

Erfan, M., Roostrianawaty, N., & Surbakti, S. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Sebagai Bahan Tambah Pembuatan Paving Di Kelurahan Arjowinangun Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Jurnal sondir, 5(1).

Pambudi Sunarsihanto. 2019. dalam Deloitte Indonesia Prespective. Generasi Milenial Dalam Industri 4.0: Berkah Bagi Sumber Daya Manusia Indonesia Atau Ancaman

Rahman, A. B., Cahyani, M., Satria, A., Rahmad, R. T., Munazir, M., Hadi, S., Mariani, M. (2022). Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Paving Block Di Desa Lembah Sari Kecamatan Batu Layar. hUMAN: UNIZAR MENGABDI, 2(1), 1-7.

Widodo, S., Marleni, N. N. N., Firdaus, N. A. (2018). Pelatihan pembuatan paving block dan eco-bricks dari limbah sampah plastik di kampung Tulung Kota Magelang. Community Empowerment, 3(2), 63-66.

Downloads

Published

2023-03-23

How to Cite

Kasmaida, K., Mustakim, M., Amir, A., & Ruslan, N. . (2023). PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENJADI PAVING BLOK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1358–1361. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/7960