PENINGKATAN PRODUKTIVITAS TERNAK POTONG MELALUI PENYEDIAAN PAKAN FERMENTASI DAN PENCEGAHAN PENGENDALIAN PENYAKIT MULUT DAN KUKU DI KELOMPOK TANI SAPAKEK BASAMO KOTA SOLOK

Authors

  • Dara Surtina Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Rica Mega Sari Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Tri Astuti Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Syahro Ali Akbar Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • John Hendri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Alfian Asri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5624

Keywords:

Sapi Potong, Pakan Fermentasi, Penyakit, Pencegahan.

Abstract

Sapakek Basamo adalah satu kelompok tani ternak yang berada di Rimbo Berantai Kelurahan Tanah Garam Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok yang berdiri sejak tahun 2019. Jenis usaha yang dijalankan adalah pegembangan usaha ternak sapi pembibitan dan penggemukan sapi potong unggul jenis Simmental. Permasalahan yang dihadapi oleh kelompok tani ternak selama ini adalah masih rendahnya ketersediaan pakan yang berkualitas serta rendahnya ilmu pengetahuan tentang upaya pencegahan dan pengendalian penyakit pada ternak sapi baik pada kelompok sapi pembibitan maupun sapi penggemukan. Umumnya pemberian pakan berupa hijauan rumput lapangan, jerami padi dan ampas tahu, hal ini menunjukkan rendahnya kualitas pakan yang diberikan dan menyebabkan pengembangan sapi bibit dan sapi penggemukan berjalan lambat. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diberikan penyuluhan ilmu pengetahuan terutama tentang penyediaan pakan berupa tehnologi pakan fermentasi dan upaya pencegahan dan pengendalian penaykit mulut dan kuku yang sedang mewabah pada saat ini.  Metode yang dipakai dalam kegiatan pengabdian ini berupa metoda penyuluhan/ceramah  dan diskusi bersama anggota kelompok tani ternak. Dari hasil pengabdian ini anggota kelompok tani ternak sangat antusias mengikut kegiatan penyuluhan dan berdiskusi langsung bersama tim pengabdian. Tehnologi penyediaan pakan ternak dengan fermentasi sudah dipahami begitu juga pentingnya upaya pencegahan dan pengendalian penyakit mulut dan kuku pada ternak. Peternak mengharapkan sekali untuk dilaksanakan kegiatan vaksinasi PMK oleh pihak terkait sebagai upaya pencegahan PMK.

References

Adawiyah, R.C., S, Rusdiana dan U. Adiato. 2016. Peningkatan perekonomian melalui perbaikan produksi. Prosding Seminar Nasional UGM Pascasarjana,8 Oktober 2016, hal.159-167

Adjid, A.RM.,2020. Penyakit Mulut dan Kuku : Penyakit Hewan Eksotik yang Harus Diwaspadai Masuknya ke Indonesia . Wartazoa Vol.30. No 2 Th. 2020 Hlm. 61-70.

Rianto, E. dan Purbowati. E. Panduan Lengkap Sapi Potong. 2011. Penerbit Swadaya. Jakarta

Rukmana,. R. 2015. Wirausaha Penggemukan Ternak Sapi Potong. Lily Publisher.Yogyakarta

Widhi Luthfi. 2020. Succes Story Pembebasan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Indonesia

Yellita, Y. 2022. Aetiologi, Gejala Klinik dan Pengendalian. Webinar PMK, Selasa 24 Mei 2022. Fakultas Peternakan. Universitas Andalas Padang.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-23

Versions

How to Cite

Surtina, D. ., Sari, R. M. ., Astuti, T. ., Akbar, S. A. ., Hendri, J. ., & Asri, A. . (2022). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS TERNAK POTONG MELALUI PENYEDIAAN PAKAN FERMENTASI DAN PENCEGAHAN PENGENDALIAN PENYAKIT MULUT DAN KUKU DI KELOMPOK TANI SAPAKEK BASAMO KOTA SOLOK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1168–1173. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5624 (Original work published June 30, 2022)