OPTIMALISASI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DENGAN PROGRAM KALIMASADA MELALUI APLIKASI KLAMPID DI KELURAHAN NGINDEN JANGKUNGAN

Authors

  • Setya Nanda Anggela Putri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5396

Keywords:

Pelayanan, Masyarakat, Program kalimasada, K-Klampid

Abstract

Kelurahan merupakan ujung tombak dalam struktur pemerintahan terbawah yang langsung berhubungan dengan masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan khususnya dalam hal pelayanan. Hal ini juga dipertegas dengan Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yang secara teknis memuat tujuan pelayanan publik salah satunya adalah mewujudkan perlindungan masyarakat dan kepastian hukum dalam memberikan pelayanan publik. Sehingga hadirlah Program Magang MBKM-A Dispendukcapil ini yang mencakup dalam administrasi kependudukan dan pencatatan Sipil,  terdiri dari banyak program dan pelayanan kepada masyarakat serta  mahasiswa memiliki kesempatan untuk memilih dan mencari pengalaman sesuai dengan keilmuan dan jurusan di kampus masing-masing khusunya sesuai jurusan penulis yaitu Administrasi Negara. Dalam program Magang MBKM dispendukcapil Surabaya ini saya memilih di program “Optimalisasi Program Kalimasada (Kawasan lingkungan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik dengan Program “ Kalimasada melalui Aplikasi Klampid di Kelurahan Nginden Jangkungan Kota Surabaya”.Proses yang diawali dengan pengenalan kegiatan yang ada di kelurahan Nginden Jangkungan, melakukan penyusunan aktivitas harian kelurahan, turun kelapangan untuk melakukan pendataan kependudukan Kalimasada, observasi analisis kondisi yang ada di tiap RT/RW, serta melakukan input data pada sistem Klampid Surabaya. Pemfokusan dilakukan pada program Kalimasada, dimana mencakup terkait data kependudukan akta kelahiran, akta kematian, KIA, dan lain-lain yang kemudia di input pada sistem aplikasi klampid untuk di proses oleh Dispendukcapil Surabaya. Aplikasi Klampid ini sendiri merupakan salah satu inovasi sistem online yang dimili oleh Dispendukcapil Surabaya. Peningkatan sikap, nilai kesadaran, kepedulian dan tertib serta pengetahuan bagi masyarakat terkait administrasi kependudukan di lingkungan Kelurahan Kapasari melalui Giat Permissi yang bekerja sama dengan Ningminduk untuk pendataan, pendampingan dan penyelesaian permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Kepuasan Masyarakat terkait pelayanan administrasi di kelurahan Kapasari yang semakin efektif  dan efisien dengan adanya kegiatan magang mahasiswa sehingga masyarakat lebih antusias untuk mengurus dokumen kependudukan

References

Duhita, A. S. (2018). Inovasi Produk E-Lampid dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 6(2), 1–11. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp1430c8e0b0full.pdf

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 tahun 2004 tentang Pelayanan Publik

Mbkma.dispendukcapilsurabaya.id, (2022). Tentang MBKM-A. Diakses pada 6 Mei 2022,

https://mbkma.dispendukcapilsurabaya.id/

Buku Pedoman laporan MBKM

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-15

Versions

How to Cite

Anggela Putri , S. N. . (2022). OPTIMALISASI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DENGAN PROGRAM KALIMASADA MELALUI APLIKASI KLAMPID DI KELURAHAN NGINDEN JANGKUNGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1112–1117. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5396 (Original work published June 30, 2022)