PENDAMPINGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROLEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37207Keywords:
Pendampingan, Microlearning, Multimedia Pembelajaran, Literasi Digital, Guru PAUDAbstract
Penggunaan teknologi digital dalam pendidikan semakin menjadi kebutuhan, terutama bagi guru anak usia dini yang berperan penting dalam membentuk keterampilan awal anak. Pendampingan pengembangan multimedia berbasis microlearning merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan literasi digital para guru, sekaligus memperkaya metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi anak. Kegitan ini dilakukan di Desa Cilayang Kecamatan Curug Bitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten, subyek pada kegiatan ini terdiri dari perangkat Desa dan Guru-guru PAUD. Pendampingan ini membahas pelatihan dan pembuatan konten multimedia singkat, untuk membantu guru memahami dan mengimplementasikan teknologi ini dalam proses belajar-mengajar. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi berbasis digital dan mengembangkan konten pembelajaran yang interaktif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan minat belajar anak usia diniReferences
Amelia, B., Yektyastuti, R., & Effane, A. (2024). Pengembangan Poster Berbasis Microlearning sebagai Media Pembelajaran Materi Daur Hidup Makhluk Hidup. Karimah Tauhid, 3(9).
Ernawati, A., Sumiati, C., Buton, M., & ... (2023). Pendampingan Program Satu Sekolah Satu Channel TV dalam Implementasi Transformasi Digital pada Jenjang PAUD. BERNAS: Jurnal ..., 4(3), 1935–1945. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/5664
Faiz, A. (2021). Peran Filsafat Progresivisme dalam Mengembangkan Kemampuan Calon Pendidik di Abad-21. Jurnal Education and Development, 9(1), 131-131.
Jailani, M. S. (2014). Teori pendidikan keluarga dan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245-260.
Nurfadhillah, S. (2021). Mengenal Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher).
Rosmawati, C., & Watini, S. (2023). Peran TV Sekolah sebagai Media Syiar Konten Edukasi bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 185–196. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3692
Saparuddin, S., & Kaswar, A. B. (2022). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Microlearning menggunakan Aplikasi Bandicam dan Filmora. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(4), 638-647.
Sitaresmi, N., Cahyani, I., & Sulistianingsih, L. S. (2022). Penguatan Literasi Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Pembelajaran Daring. Rena Cipta Mandiri.
Soysal, A. (2020). Upaya Orang Tua dalam Mendampingi Penggunaan Smartphone Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).
Swandhina, M., & Maulana, R. A. (2022). Generasi Alpha: Saatnya Anak Usia Dini Melek Digital Refleksi Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. JESA-Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(1), 1-9.
Wirawan, R., & Nur, M. A. (2021). Sosialisasi Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 3(2), 08-13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wiwik Adinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.