PENDAMPINGAN UMKM DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI SUKARESMI CIANJUR, JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36500Keywords:
Pendampingan UMKM, Daya saing,Toko KelontongAbstract
Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengintegrasikan konsep keuangan ke dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kegiatan ini difokuskan pada toko kelontong di Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, dengan tujuan meningkatkan kinerja bisnis serta mencapai kesuksesan yang lebih besar. Melalui kegiatan yang melibatkan usaha mikro kecil dan pengecer, kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan usaha akan diatasi dengan pendekatan yang mengintegrasikan konsep , seperti pengetahuan manajemen bisnis dan kewirausahaan, kreativitas, dan inovasi. Pengembangan ini diwujudkan dengan menyelaraskan konsep-konsep manajemen keuangan, yang meliputi pengarahan pengetahuan bisnis dan peningkatan kualitas kewirausahaan terhadap kesuksesan perusahaan. Integrasi konsep manajemen keuangan diharapkan mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan bisnis mereka. Dengan demikian diharapkan perusahaan dapat lebih efisien dalam mengelola sumber daya finansialnya dan mengambil keputusan yang lebih tepat dalam penggunaan dana. Hal ini secara keseluruhan akan meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan dalam pasar yang semakin tajamReferences
Achadiyah, B. N. (2019). Otomatisasi pencatatan akuntansi pada UMKM. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(1), 188–206.
Andriany, L. M., Murtianingsih, M., Rachmawati, I. K., & Ruspitasari, W. D. (2020). Pelatihan Strategi Bisnis, Pelaporan Keuangan, dan Perpajakan pada CV Safira Media Utama Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i1.229
Anggraeni, Y. N. (2023). Analisis pengelolaan keuangan pada bisnis online Indah Widia Multibeauty di Kabupaten Tulungagung. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 6(2), 1916–1923.
Dewi, F. P. (2021). Analisis Penerimaan Software Akuntansi Accurate dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada Badan Usaha Non Akademik Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 7(2), 183– 191.
Dewi, S. R., Sriyono, S., & Sumartik, S. (2021). Pendampingan dan penguatan UMKM Desa Kenongo melalui branding dan legalitas produk di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 95–101.
Efi, N. and Supriyanto, A. (2023) ‘Pengaruh Hunger Marketing terhadap Perceived Value untuk Meningkatkan Pembelian Tidak Terencana’, JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus, 1(3), pp. 397–414.
Firdaus, S. A., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk meningkatkan perekonomian selama pandemi COVID-19 pada saat new normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62.
Hafsah, H., & Hanum, Z. (2021). Penggunaan Akuntansi Dalam Menjalankan Usaha Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 307–318.
Hawa, S.D., Setyorini, R. and Nabyla, F. (2023) ‘Pelatihan Tata Kelola Manajemen dan Digital Marketing bagi Kelompok Pengrajin Budi Sangkar’, Jurnal Pemberdayaan Ekonomi, 2(2), pp. 73–80.
Herudiansyah, G. et al. (2021) ‘Pedampingan Manajemen Tata Kelola Bumdes Dan Umkm Di Desa Payo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat’, Suluh Abdi, 3(2), pp. 102–107.
Hisnul, H., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Umkm Dimasa Pandemi Covid 19 Berdampak Pada Teknology Dan Digitalisasi Pada Pusat Oleh Oleh Rahma Di Desa Kendalrejo. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 49–58.
Jamil, M., Mutmainnah, D. and Azizah, M. (2022) ‘Pendampingan Manajemen Usaha Dan Manajemen Keuangan Pada Umkm Bakul Kembang Official Kelurahan Kedurus Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya’, Share: Journal of Service Learning, 8(2), pp. 196–207.
Kartika, C., Rudiatno, R. and Suhariningsih, L. (2020) ‘Pengelolaan dan Pembinaan Usaha Mikro Warung Makanan dan Minuman Model Primitive Di Surabaya Barat’, Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).
Karyono, O. (2022) ‘Pendampingan Manajemen berbasis syariah dalam meningkatkan Kinerja UKM Bidang Pengolahan Makanan di Kota Watampone’, JURNAL PARAHITA ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), pp. 1–10.
Kustanto, A. (2022). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai: Pilar Ekonomi Kerakyatan Dalam Dimensi Politik Hukum Integratif. QISTIE, 15(1), 17–31.
Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemsaran. Jakarta: Mitra Wacan Media.
-----------------. 2018. Manajemen Kewirausahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
-----------------. 2021. Manajemen Kewirausahaan Era Digital. Jakarta: Mitra Wacana Media.
-----------------. 2023. Pemerkasaan Bisnis Era Digital, Edisi Pertama. Kimshafi Alung Cipta: Palangkaraya.
-----------------. 2024.Manajemen Strategi Inovasi. Edisi Pettama. Bekasa. Kimshafi Alung Cipta.
-----------------. 2024. Internet Marketing. Edisi Pertama. Padang: Takaza.
-----------------. 2023. Workshop Tata Kelola Keuangan Bagi Umkm Secara Sederhana Dan Digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8952–8960. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20083
-----------------. 2023. Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Umkm Di Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9257–9262. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20415
Mariana, N. et al. (2021) ‘Penyuluhan Dan Pendampingan Tata Kelola Manajemen Dan Pembuatan Laporan Keuangan Untuk UMKM Kabupaten Demak’, IKRA-ITH ABDIMAS, 4(3), pp. 26–33.
Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(2), 147– 162.
Rahayu, P., Suaidah, I., & Wardani, Z. D. (2022). Mampukah Digital Literacy Memengaruhi Minat Menggunakan Aplikasi Akuntansi Berbasis Smartphone Bagi UMKM? Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 173– 188.
Santoso, R. and Herlina, A. (2023) ‘Pendampingan tata kelola keuangan UMKM berbasis digital untuk generasi Z’, Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, pp. 341–352.
Suarni, A., & Sawal, A. R. (2020). Peran Akuntansi Dalam Rumah Tangga Dan Penerapan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Secara Islami Di Masa Pandemi Covid-19. Assets: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 110–129.
Supriyanto, A. et al. (2021) ‘Pemanfaatan Social Media Sebagai Pemasaran Bisnis Di Era Society 5.0’, Janaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 2(2), pp. 55–65.
Supriyanto, A. (2022) ‘Peran Nilai-Nilai Islami Dalam Kewirausahaan Untuk Menunjang Sebuah Kinerja Bisnis’, El-Hekam, 7(1), pp. 69–82.
Supriyanto, A. et al. (2023) ‘Kesuksesan Muslimah Pelaku UMKM: Peran Dimensi Entrepreneurial Orientation’, BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 10(2), pp. 267–286.
Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147–153.
Utami, E.M. et al. (2023) ‘Penguatan Tata Kelola Keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kampoeng Rajoet Bandung’, Madaniya, 4(1), pp. 348– 357.
Utami, S.E. and Nugraha, Y.E. (2021) ‘Pelatihan Manajemen Usaha UKM Sebagai Upaya Bangkit dari Pandemi Bagi Kelompok Perempuan Pengrajin Tenun Ikat di Kampoeng Tenun Alor Kota Kupang’, Jurnal Abdimas Pariwisata, 2(2), pp. 63–74.
Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Mimbar Administrasi, 18(1), 01–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Manap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.