PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL YANG DITARGETKAN TERBIT DI JURNAL ILMIAH: AKTUALISASI GURU MGMP SEJARAH MA SE-DI YOGYAKARTA

Authors

  • Arif Saefudin Universitas PGRI Yogyakarta
  • Muhammad Iqbal Birsyada Universitas PGRI Yogyakarta
  • Fahruddin Fahruddin Universitas PGRI Yogyakarta
  • Bayu Ananto Wibowo Universitas PGRI Yogyakarta
  • Darsono Darsono Universitas PGRI Yogyakarta
  • Triwahana Triwahana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Siswanta Siswanta Universitas PGRI Yogyakarta
  • Angger Setia Adi Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29091

Keywords:

Pendidikan dan Pelatihan, Karya Tulis Ilmiah, Guru Sejarah; Jurnal Ilmiah.

Abstract

Untuk memenuhi tuntutan sumberdaya manusia yang unggul dan kompeten di bidangnya, maka guru harus membekali dirinya dengan ilmu-ilmu yang dibutuhkan dalam kehidupan. Hal ini dimungkinkan dengan diberinya kebebasan beraktivitas dan berkreativitas selama batas-batas wajar tertentu. Guru dituntut untuk belajar banyak, bukan hanya dari proses kegiatan belajar mengajar saja, tetapi juga dari kegiatan-kegiatan di luar yang dapat meningkatkan kompetensinya. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Yogyakarta mengadakan kegiatan “Diklat Penulisan Karya Tulis Ilmiah guru MGMP Sejarah MA se-DI Yogyakarta”. Peserta pada kegiatan tersebut adalah guru-guru sejarah yang berjumlah sejumlah 53 guru. Kegiatan tersebut berlangsung selama lima hari dan dilanjutkan dengan penugasan secara mandiri terstruktur. Selain mendapatkan pengetahuan baru, peserta diklat juga berkesempatan untuk berinteraksi dan berdiskusi dengan rekan sejawat, yang dapat membuka wawasan dan menambah inspirasi dalam mengembangkan metode pengajaran. Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga pada praktik langsung yang memungkinkan para guru untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh selama diklat. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para guru dapat lebih termotivasi dalam menciptakan karya tulis ilmiah dan inovatif yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah mereka. Setelah kegiatan berakhir, para peserta mendapatkan sertifikat setara 32 JP yang dapat digunakan untuk pengembangan profesi. Sertifikat ini merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan usaha mereka dalam meningkatkan kompetensi sebagai guru. Melalui kegiatan semacam ini, MGMP Sejarah MA se-DI Yogyakarta berharap dapat terus mendukung dan mendorong para guru untuk terus berkembang dan berinovasi, sehingga dapat menciptakan generasi muda yang unggul dan kompeten di masa depan.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Saefudin, A. ., Birsyada, M. I. ., Fahruddin, F., Wibowo, B. A. ., Darsono, D., Triwahana, T., Siswanta, S., & Adi, A. S. . (2024). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL YANG DITARGETKAN TERBIT DI JURNAL ILMIAH: AKTUALISASI GURU MGMP SEJARAH MA SE-DI YOGYAKARTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4634–4640. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29091