BELAJAR DI ERA DIGITAL: MEMAHAMI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN SUMBER BELAJAR ONLINE

Authors

  • Aziz Rizki Miftahul Ilmi STKIP Al-Amin Indramayu
  • Ahmad Junaidi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jakarta
  • Tri Yusnanto STMIK Bina Patria
  • Emanuel B.S Kase STPAS KAK Kupang
  • Muh Safar Universitas Muhammadiyah Bone
  • Mike Nurmalia Sari STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24799

Keywords:

Pelatihan Bisnis Online; E-commerce, Usaha Kecil.

Abstract

Pelatihan ini merupakan pelatihan e-commerce untuk usaha kecil bagi para pelaku bisnis online. Kegiatan suatu proses penting dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan individu atau kelompok dalam konteks pelaku bisnis pemula yang akan memulai bisnis mereka dengan memanfaatkan e-commerce. Dalam merencanakan pelatihan, tahapan-tahapan kunci termasuk identifikasi tujuan, penyusunan materi, rekrutmen peserta, persiapan logistik, dan evaluasi. Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan platform online digital seperti Zoom Cloud Meeting dan link video YouTube. Hasil dari pelatihan mencakup peningkatan pengetahuan, keterampilan, perubahan perilaku, perubahan dalam organisasi, dan dampak positif pada masyarakat. Evaluasi dan umpan balik berperan penting dalam mengukur keberhasilan pelatihan. Pelatihan merupakan investasi berharga dalam pengembangan individu dan kelompok, mendukung pertumbuhan, inovasi, dan pencapaian potensi penuh peserta. Dengan perencanaan yang cermat, pelatihan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta dan organisasi yang terlibat.

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133.

Anis, M. Z. A., & Mardiani, F. (2022). Digitalisasi Sumber Belajar Sejarah Menyongsong Pendidikan Era 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 7, No. 2).

Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran di sekolah. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 1(1).

Erwin, Y., Arafat, Y., & Wardiah, D. (2021). Pemanfaatan Information and Communications Technology sebagai Sumber Belajar di Era Digital. Jmksp (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 44-51.

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.

Sari, M., Ningsih, P. E. A., Saswandi, T., & Ihsan, R. (2022). Penulisan Abstrak Berbahasa Inggris untuk Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(4), 435-441.

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953-13960.

Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1).

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

Ilmi, A. R. M. ., Junaidi, A. ., Yusnanto, T. ., Kase, E. B. ., Safar, M. ., & Sari, M. N. . (2024). BELAJAR DI ERA DIGITAL: MEMAHAMI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN SUMBER BELAJAR ONLINE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 782–789. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24799