PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN MENULIS

Authors

  • Dwi Syukriady Universitas Islam Makassar
  • Ashar Ashar Universitas Islam Makassar
  • Musbaing Musbaing Universitas Islam Makassar
  • La Ode Rusadi Universitas Islam Makassar
  • Ashabul Taufik Universitas Islam Makassar
  • Yuriatson Yuriatson Politeknik Sandi Karsa
  • Luana Sasabone Universitas Kristen Indonesia Paulus

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23420

Keywords:

Pelatihan, Profesionalisme, Menulis

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan dasar yang wajib di kuasai guru, namun sering hanya mendapat perhatian terbatas. Lebih lanjut, adanya Merdeka Belajar menuntut guru untuk mengadopsi perubahan sebagai langkah pengembangan profesionalisme guru yang berkelanjutan. Guru wajib untuk di bekali pengetahuan tentang pengembangan profesionalisme, salah satu cara untuk mengembangkan profesionalisme guru adalah melalui pelatihan menulis, guru yang terbiasa menulis mampu menciptakan ruang bagi diri melalui karya-karya dan memberi ide-ide baru untuk dibagikan kepada siswa di kelas. Melihat fakta yang terjadi disekolah mitra, tim pengabdian berinisiatif untuk mengadakan pelatihan menulis sebagai langkah pengembangan profesionalisme guru. Metode yang digunakan yaitu pemaparan materi, praktik menulis dan Focus Group Discussion. Hasil pelatihan menunjukkan selama pelatihan menulis, guru merasa terbantu dengan pelatihan ini, respon positif juga tampak dari hasil Focus Group Discussion, mereka bersemangat setelah dibekali dengan pelatihan yang bermanfaat dan ingin melanjutkan latihan menulis secara mandiri.  

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., & Haerudin, H. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Pendahuluan Profesionalisme Dikuasai Oleh Merupakan Sesorang Hal Wajib Dalam Kegiatannya?: Pembelajaran , ( 3 ) Pengembangan Profesi Keputusan Pendayagunaan Menteri Aparatur Negara Nega. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidkan, 1(1), 39–49.

Arofah, L., & Apriati, Y. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Lingkungan Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan Workshop In Scientific Academic Writing Based On Wetlands Environment Themes For Teachers Of Islamic Elementary Schools In Ba. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 1–8. Http://Snllb.Ulm.Ac.Id/Prosiding/Index.Php/Snllb-Abdimas/Article/View/277

Ashar, A., Munir, A. N., Agusalim, F., & ... (2023). Program Kampus Mengajar Empat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Di Sdn Inpres 145 Pampangan. Pelita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 13–20. Http://Journal.Kualitama.Com/Index.Php/Pelita/Article/View/325%0ahttps://Journal.Kualitama.Com/Index.Php/Pelita/Article/Download/325/199

Basyith, A., & Fauzi, F. (2022). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi Menggunaan Quizizz Pada Bimbingan Belajar Al Hikmah Palembang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 3(1), 24–34. Https://Doi.Org/10.47747/Jnpm.V3i1.928

Imran, M. C. (2022). Applying Hemingway App To Enhance Students’ Writing Skill. Education, Language, And Culture (Edulec), 2(2), 180–185. Https://Jurnal-Eureka.Com/Index.Php/Edulecj

Indrawat, S., Ernalida, E., Novritika, N., & Nuzula, K. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Bahasa Indonesia Di Sma Kabupaten Ogan Ilir. Abdi Humaniora, 2(2), 66–78. Https://Doi.Org/10.24036/Abdi-Humaniora.V2i2.115605

Istiqomah, I., Hidayati, D., Afriliandhi, C., Fadhila, P., Sidi Melawati, A., & Juita Usmar, R. (2022). Pelatihan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru Tk Di Kalurahan Tamanmartani. Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 8–15. Https://Doi.Org/10.51454/Amaliah.V5i1.509

Karomah, B., & Rukmana, R. M. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Mahasiswa Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Dan Publikasi Di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta. Journal Of Social Outreach, 1(2), 1–9. Https://Doi.Org/10.15548/Jso.V1i2.3914

Kurniawan, D. D., & Sigit, K. N. (2020). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Universitas Selamat Sri. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Pakem, 1(2), 65–69.

Rachmawati, I., & Widayani, A. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 510–522. Https://Doi.Org/10.30653/002.202272.77

Rohmah, R. A. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Di Smkn 1 Rambah Samo. Tepak Sirih?: Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 01(02), 50–54.

Safitri, B. R. A., Pahriah, Hatimah, H., Indah, D. R., & Suryati. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Undikma. Abdi Masyarakat, 3(2), 41–44. Http://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Pb/Article/View/2687/2113

Setiaji, A. B., & Mursalin, E. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Iain Ambon Scientific Writing Training For Iain Ambon Students. Jurnal Mangente, 1(1), 25–37.

Suhardi, M., & Gunawan, I. M. S. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru Di Indonesia. Community?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67–73. Https://Doi.Org/10.51878/Community.V1i1.556

Syukriady, D. (2022). Upaya Meningkatkan Antusias Dan Kinerja Belajar Bahasa Indonesia Dalam Materi Teks Deskripsi Di Kelas Vii Mts Yaspi Sambung Jawa Makassar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 2175–2194.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Syukriady, D., Ashar, A., Musbaing, M., Rusadi, L. O. ., Taufik, A. ., Yuriatson, Y., & Sasabone, L. . (2024). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN MENULIS . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 398–402. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23420