PENGENALAN KECERDASAN BUATAN: BAGAIMANA AI MEMPENGARUHI KEHIDUPAN MANUSIA

Authors

  • Tri Widyastuti Ningsih Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Zulkifli Zulkifli Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Yayuk Chayatun Machsunah Machsunah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Astika Ayuningtyas Ayuningtyas Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto
  • Nurcahyani Dewi Retnowati Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto
  • Dwi Nugraheny Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22405

Keywords:

Pelatihan, Artificial Intelligence (AI), Kehidupan Manusia

Abstract

Pelatihan mengenai "Pengenalan Kecerdasan Buatan: Bagaimana AI Mempengaruhi Kehidupan Manusia" dilaksanakan secara daring dengan melibatkan peserta dari empat provinsi: Semarang, Kendari, Surabaya, dan Bantul Yogyakarta. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap konsep kecerdasan buatan (AI) dan menjelajahi aplikasi praktisnya di berbagai sektor. Peserta, terdiri dari mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum, aktif berpartisipasi dalam diskusi, kegiatan kelompok, dan demonstrasi praktis. Pelatihan ini menghasilkan peningkatan literasi AI, identifikasi aplikasi AI lokal, dan pembentukan jaringan untuk kolaborasi di masa depan. Umpan balik positif dan inisiatif tindak lanjut yang diidentifikasi menunjukkan keberhasilan pelatihan dalam membangun minat dan pengetahuan berkelanjutan tentang AI.

References

Afandi, A. R., & Kurnia, H. (2023). Revolusi Teknologi: Masa Depan Kecerdasan Buatan (AI) dan Dampaknya Terhadap Masyarakat. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3(1), 9-13.

Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2020). Kerangka kerja sistem kecerdasan buatan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia. IncomTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 10(1), 19-24.

Fauziningrum, E., Sari, M. N., Rahmani, S. F., Riztya, R., Syafruni, S., & Purba, P. M. (2023). Strategies Used by English Teachers in Teaching Vocabulary. Journal on Education, 6(1), 674-679.

Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2021). Are Learning Media Effective in English Online Learning?: The Students' and Teachers' Perceptions. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 173-183.

Rusmiyanto, R., Huriati, N., Fitriani, N., Tyas, N. K., Rofi’i, A., & Sari, M. N. (2023). The Role of Artificial Intelligence (AI) In Developing English Language Learner's Communication Skills. Journal on Education, 6(1), 750-757.

Santo Gitakarma, M., & Tjahyanti, L. P. A. S. (2022). Peranan Internet of Things dan Kecerdasan Buatan dalam Teknologi Saat Ini. KOMTEKS, 1(1).

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.

Sari, M., Ningsih, P. E. A., Saswandi, T., & Ihsan, R. (2022). Penulisan Abstrak Berbahasa Inggris untuk Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(4), 435-441.

Umi, K. (2022). Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Kepada Para Remaja. Universitas Bina Darma.

Wulantari, N. P., Rachman, A., Sari, M. N., Uktolseja, L. J., & Rofi'i, A. (2023). The Role Of Gamification In English Language Teaching: A Literature Review. Journal on Education, 6(1), 2847-2856.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Ningsih, T. W. ., Zulkifli, Z., Machsunah, Y. C. M., Ayuningtyas, A. A., Retnowati , N. D. ., & Nugraheny, D. . (2023). PENGENALAN KECERDASAN BUATAN: BAGAIMANA AI MEMPENGARUHI KEHIDUPAN MANUSIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11432–11440. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22405