PELAYANAN TATA PERSURATAN DAN PENJADWALAN PIMPINAN DI REKTORAT UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22316Keywords:
Pelayanan, Tata Persuratan, Penjadwalan PimpinanAbstract
Universitas Jenderal Soedirman terus berupaya meningkatkan kualitas layanan tata persuratan dengan baik agar pengelolaan berjalan lebih efektif dan efisien. Salah satunya melalui transformasi pelayanan surat berbasis offline menjadi online. Sistem persuratan di Unsoed disampaikan secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) adalah suatu aplikasi persuratan yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis. Pengelolaan persuratan pimpinan ini pada prinsipnya adalah proses persuratan yang ditujukan kepada Pimpinan/Rektor dan Para Wakil Rektor Unsoed. Dalam implementasinya masih ada masalah dan hambatan pada system persuratan, berikut solusi pemecahan masalah yang penulis usulkan: Pertama membuat jadwal dalam membuka aplikasi system persuratan untuk pimpinan. Kedua pengembangan aplikasi SIKD di TAB/Handphone untuk Pejabat Struktural dan bernotifikasi, Ketiga pengawasan berkala dan arahan dalam pelaksanaan SIKD di masing – masing unit kerja.References
Akbar H.Y. et al. 2022, Penerapan Aplikasi E-Office Dalam Meningkatkan Efisiensi Kerja Pegawai ASN Pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang.
Ayuningtyas Alfania, et all, 2023, Pengaruh Brand Trust, Produck Quality, Brand Image, Customer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalty
Darmawan Adhe, 2022 Pengelolaan arsip Dinamis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat
Kurniasih Denok, 2017, Problems of Public Accountability in Village Government Business Management (Study on Village Business Enterprises in Banyumas, Indonesia
Dianita Endang, 2022., Pemanfaatan Aplikasi e-Office dalam Manajemen Arsip di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kota Pekanbaru
Faozan Haris, 2003. Peran birokrasi, manajemen kebijakan dan eksistensi pelayanan publik, LAN, Jakarta
Gedeona, Hendrikus T. 2015. Analisis Model Alternatif Instrumen Pengukuran Kinerja Unit Pelayanan Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Administrasi Volume XII Nomor 3 Desember 2015. Hal 469-490
Herdiyana Fauzia, 2019., Penerapan dan Pemanfaatan E – Office Sebagai Perwujudan Paperless Office.
Himawan Arif, 2018, Implementasi penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis di Universitas Jenderal Soedirman
Indiahono Dwiyanto, tobirin T, 2021, Kebijakan dan Pelayanan Publik: Berbasis Keadilan Sosial di Era Disrupsi dan Big Data.
Izzati N.N, et all, 2019., Penerapan E-Office dalam Upaya Peningkatan Kinerja Bisnis Perusahaan Jurnal Ekonomi & Bisnis VOL. 18 NO. 2 HAL: 160 – 164
Khuswatun Chasanah, Slamet Rosyadi, Denok Kurniasih, 2017., Implementasi Kebijakan Dana Desa.
Putra G.P. et all. 2019, Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Persuratan Dinas Pendidikan Banyuwangi.
Tobirin, 2015., Tantangan dan Peluang Penerapan Manajemen Berbasis Kinerja Pada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di Daaerah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sudaryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.