PELATIHAN IMPLEMENTASI PARADIGMA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERKINI BAGI GURU MGMP BAHASA INDONESIA KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22314Keywords:
Bahasa Indonesia, MGMP, Paradigma PembelajaranAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan tugas rutin yang wajib dilakukan oleh dosen untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Guna memenuhi tanggung jawab tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nusantara PGRI Kediri telah menjalin kerjasama dengan MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Kediri. Sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah para guru Bahasa Indonesia yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Kediri. Tujuan dari pengabdian ini adalah mendukung salah satu program pemerintah, yaitu mencetak siswa yang memiliki karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila melalui tenaga kependidikan yang profesional. Dalam upaya untuk menumbuhkan karakter unggul pada anak-anak, para guru diberikan pelatihan yang terkait dengan paradigma pembelajaran Bahasa Indonesia terkini. Melalui pelatihan ini, diharapkan para guru mampu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Pelaksanaan pengabdian ini melibatkan tiga tahap, yaitu tahap perencanaan yang melibatkan anggota pengabdian, tahap koordinasi dengan ketua MGMP mengenai pelaksanaan pengabdian, dan tahap pelaksanaan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan minat dan antusiasme yang tinggi dari peserta. Secara keseluruhan, paradigma pembelajaran Bahasa Indonesia terkini telah berhasil disampaikan dan dipahami oleh peserta pelatihan.References
Anifah, Eka Masrifatus, Rochmat Bagus, Al Fitrah, Deta Lestari Smith, Dwi Leoriza, Arenita Patricia Sarira, Ilham Tubagus, Nistia Endah Juniar, Nur Laylatul, and Reni Anggraini Minanga. 2023. “Edukasi Dan Pelatihan Pemanfaatan Minyak Jelantah Sebagai Lilin Aromaterapi.” 7(September):1503–9.
Dewiastri, Agda Rizqan, and Edi Hendri Mulyana. 2020. “KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN ANAK USIA DINI.” 4(1):50–70.
Hambali, Muhammad. 2019. “Pembelajaran Berbasis Kehidupan: Konsep Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter 1(1):129–36.
Herwina, Wiwin. 2021. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35(2):175–82.
Mansyur, Umar. 2016. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses.” RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 9(2):256786.
Miftahussaadah, Miftahussaadah, and Subiyantoro Subiyantoro. 2021. “Paradigma Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa.” ISLAMIKA 3(1):97–107.
Puspitoningrum, Encil. 2021. “PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PBSI DENGAN MODEL JIGSAW TAHUN 2020 / 2021.” i(April):31–40.
Puspitoningrum, Encil, Endang Waryanti, Sempu Dwi Sasongko, Andri Pitoyo, Subardi Agan, Marista Dwi Rahmayantis, Nur Lailiyah, Chelya Ilham, Ramadani Putra, and Tegar Wahyu Nugroho. 2023. “MEDONGENG KEONG MAS DI DESA KARANGREJO KECAMATAN KANDAT.” 7:450–55.
Sholikhatin, Siti Alvi, Prayoga Pribadi, Anisa Pratiwi, and Dafa Arta Anggara. 2023. “SOSIALISASI SECURITY AWARENESS DAN PERLINDUNGAN DATA PRIBADI DI MEDIA SOSIAL PADA SMK MAARIF NU 1 CILONGOK.” 7(September):1517–21.
Wahyuni, Febri, and Herlinda Herlinda. 2021. “Paradigma Pembelajaran Efektif Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Gurindam: Jurnal Bahasa Dan Sastra 1(2):40–51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Encil Puspitoningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.