PENINGKATAN PEMAHAMAN MENGENAI SENGKETA PEMILU BAGI PANITIA PENGAWAS KECAMATAN SE-KOTA PEKANBARU

Authors

  • Andrizal Andrizal Universitas Lancang Kuning
  • Birman Simamora Universitas Lancang Kuning
  • Eddy Asnawi Universitas Lancang Kuning
  • Rafael Nazario Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22310

Keywords:

Sengketa, Pemilu.

Abstract

Permasalahan mitra dalam hal ini para panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan yang ada dikota Pekanbaru belum begitu memahami apa saja yang menjadi pelanggaran pemilu dan berpotensi menjadi sengketa pemilu, sengketa pemilu dan penyelesaiannya, oleh karenanya perlu dilakukan upaya peningkatan pengetahuan dan pemahaman terkait sengketa pemilu dalam bentuk penyuluhan hukum.  Target kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para panitia pengawas pemilu timgkat kecamatan dengan harapan meningkat pengetahuan dan pemahaman khalayak sasaran tentang pentingnya peran mereka dalam memahami sengketa pemilu.Solusi yang ditawarkan dan di sepakati oleh tim pengusul dan pihak mitra dalam mengatasi persoalan prioritas yang di hadapi mitra adalah perlu dilakukan sosialisasi ataupun penyampaian materi dalam bentuk penyuluhan dan diskusi secara tatap muka.Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan metode ceramah. Dalam metode ini penceramah menyampaikan materi, dalam kesempatan itu, peserta dibebaskan untuk bertanya jawab dengan penceramah. Rincian dari metode ini adalah, 1. Penyampaian materi, 2. Dialog interaktif, dialog ini sebagai curah pendapat (brainstorming) dari peserta untuk memperoleh masukan berupa persoalan, aspirasi, usulan, gagasan dan solusi. Partisipasi mitra dalam kegiatan ini menyatakan kesediaan, menyediakan waktu dan tempat, serta memobilisasi khalayak sasaran. Luaran yang akan dihasilkan sesuai rencana kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah : bagi mitra tentunya peningkatan pemahaman mengenai sengketa pemilu. Sedangkan bagi pengusul luaran yang akan dicapai adalah berupa draft artikel ilmiah, dan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

References

KPU & Bawaslu RI, 2015, Menyongsong Pemilu Yang Bersih dan Demokratis (Penerbit KPU RI).

Abdul Haris Semendawai & Muhammad Afifuddin, 2016, Peran dan Tantangan Bawaslu Dalam Menjaga Demokrasi Indonesia, Jakarta, Pustaka Yustisia.

Bawaslu RI, 2020, Pengawasan Pemilu 2019: Antara Tantangan dan Harapan, Penerbit Pustaka Yustisia.

Tim Pengawasan Pemilu, 2021, Pemilu Damai dan Demokratis: Upaya Mewujudkan Pemilu Yang Bermartabat di Indonesia, P.T. Gramedia Pustaka Utama.

Ismadi, Janu, 2019, Demokrasi Tiang Negara, Tanggerang. Delta Edukasi Prima.

Santoso, Topo,& Didik, Suprpyanto 2004, Mengawasi Pemilu Mengawasi Demokrasi,. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Lili Romli, Mardyanto Wahyu, 2004, Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Umum., Jakarta. Laporan Penelitian Bersama LIPI dan Depdagri.

Sri Wahyuni & Endro Wahyudi, 2015, Evaluasi Kinerja Badan Pengawas Pemilu Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014 di Indonesia, Dalam Jurnal Indonesi Journal of Electoral Reform, Vol. 1 No,.1, 2015 hal 73-87.

Djaka Surjaudaja, 2018, The Role of Electoral monitoring in Strengtening Democracy in Indonesia, Jurnal Bulletin of Indonesiom Economic Studies, Vol, 54, No, 1, 2018, hal 1-21.

Ferry Nur, Muhammad Adil & Cucu Suparmi, Chalengges in the implmentation of the Electoral Monitoring System in Indonesia, Journal of Public Administration and Governance, Vol, 10, No. 2, 2020 hal. 117-132.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945

Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum

Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 3 tahun 2022 Tentang Tata Kerja dan Pola Hubungan Pengawas Pemilihan Umum.

Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 2 Tahun 2023 Tentang Pengawasan Partisipatif.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Andrizal, A., Simamora, B., Asnawi, E. ., & Nazario, R. . (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN MENGENAI SENGKETA PEMILU BAGI PANITIA PENGAWAS KECAMATAN SE-KOTA PEKANBARU . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11333–11336. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22310