PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LEWOLEMA

Authors

  • Maria Anita Titu Institut Keguruan Dan Teknologi Larantuka
  • Maria Kresensia Jedo Ritan
  • Hosdafina Barek
  • Yosefina Ese

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21868

Keywords:

Pembelajaran, Mind Mapping, Kegiatan Ekonomi

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa “Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Materi Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lewolema”. Model pembelajaran  Kebutuhan  media  pembelajaran  sangat perlukan siswa dalam rangka mensukseskan tujuan pendidikan. Sebagaimana di ketahui bahwa   bahan   media   pembelajaran   salah   satu   faktor   utama   yang   mampu   untuk mensukseskan  dalam  proses  pembelajaran.  Khalayak  sasaran  dalam  kegiatan  PkM  ini adalah  Guru  dan  siswa  SMA  Kelas  X  yang  berjumlah  16  orang  yang  terdiri  dari  10  orang  siswa perempuan  dan  6  orang  siswa  laki  laki. Tahapan  pelaksanaan  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  ini  dilakukan  melalui beberapa tahapan, antara lain: a) Perencanaan : Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah  melakukan  persiapan  yang  dimulai  dengan  pembentukan tim  pelaksana  kegiatan PkM untuk melakukan observasi guna mengetahui persoalan yang dialami oleh siswa kelas X  SMA  PGRI  Larantuka  dalam  proses  pembelajaran  disekolah.  Pada  tahap  ini  para  tim PKM  yang  merupakan  dosen  dan  mahasiswa  melakukan  survei  ke  sekolah  SMA  Negeri I Lewolema. Survei ini dilakukan terkait sejauh mana mempersiapkan siswa dalam mengikuti kegiatan PKM ini. b) Pelaksanaan : Pada tahap ini salah satu mahasiswa yang merupakan perwakilan  tim  PKM  untuk  memberikan  edukasi terkait  penggunaaan  metode pembelajaran peta pikiran (mind mapping). Metode ini diajarkan kepada siswa kelas X SMA Negeri Lewolema yang awalnya belum mengetahui metode ini menjadi tahu yang dapat diterapkan untuk memahami materi pembelajaran di sekolah. Siswa memetakan konsep-konsep penting dan diberikan warna untuk hasil kerjanya. Siswa kelas X SMA Negeri I Lewolema mengembangkan pembuatan mind mapping.

References

Asriyati. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Visual Dalam Mata Pelajaran

Ips Kelas V Mi Ma’arif 07 Karangmangu Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016. (Skripsi). Diakses dari repository.iainpurwokerto.ac.id

Buzan, Tony. (2006). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Febliza, Asyti dan Zul Afdal. (2015). Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Komunikasi. Adefa Grafika: Pekanbaru

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Kemmis, S & Mc Taggart, R. 1992. The Action Research Planner, Australia: Deakin University Press.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Windura, Sutanto. 2013. 1st Mind Map. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Titu, M. A. ., Ritan, M. K. J. ., Barek, H. ., & Ese, Y. (2023). PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LEWOLEMA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11786–11791. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21868

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.