SUPPORT AND DEVELOPMENT OF VILLAGE TOURISM POTENTIAL THROUGH COMMUNITY SERVICE PROGRAM IN BONGAN VILLAGE, TABANAN BALI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20556Keywords:
Bongan, Masyarakat, Pengabdian, Pengembangan, Program, WisataAbstract
Desa Bongan, Tabanan, Bali, yang memiliki potensi sebagai desa wisata, menghadapi kendala dalam perkembangannya sejak diakui sebagai desa wisata pada tahun 2018. Terbatasnya infrastruktur, kunjungan wisatawan yang rendah, dan ketergantungan pada pemerintah menjadi hambatan utama. Untuk mengatasi masalah ini, Politeknik Internasional Bali bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM). Program ini bertujuan memfasilitasi pembangunan desa dengan kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pemantauan. 25 pemuda dari desa wisata Bongan mengikuti program ini dari bulan Juni hingga November 2023. Tujuannya adalah memastikan kelancaran pariwisata, meningkatkan kapasitas lokal sebagai kontributor pariwisata, meningkatkan popularitas desa di kalangan wisatawan, menaikkan jumlah pengunjung, dan meningkatkan pendapatan komunitas. PPM ini sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia dan akan dilaksanakan dalam tiga tahap: sosialisasi, pelatihan, dan pemantauan, untuk mendukung pertumbuhan Desa Bongan sebagai destinasi wisata yang mandiri.References
Agustina, I. T., & Yosintha, R. (2021). The Impact of Covid-19 on Hotel Industry In Asian Countries. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 14(2), 159–167. https://doi.org/10.47608/jki.v14i22020.159-167
Ainun, F., Krisnani, H., & Darwis, R. S. (2014). Pengembangan Desa Wisata Melalui Konsep Community Based Tourism. Prosiding KS: Riset & PKM, 2(3), 341–346.
Ansori. (2015). Community-Based Tourism (Cbt) Dalam Pengelolaan Pariwisata Pantai Seruni Di Kabupaten Bantaen. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Astuti, N. N. S. (2018). Designing Bali tourism model through the implementation of tri hita karana and sad kertih values. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 5(1), 12–23. https://doi.org/10.21744/ijllc.v5n1.461
Breier, M., Kallmuenzer, A., Clauss, T., Gast, J., Kraus, S., & Tiberius, V. (2021). The role of business model innovation in the hospitality industry during the COVID-19 crisis. International Journal of Hospitality Management, 92, 102723. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102723
Budhi Pamungkas Gautama, Yuliawati, A. K., Nurhayati, N. S., Fitriyani, E., & Pratiwi, I. I. (2020). Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 355–369. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.414
Buhalis, D., Harwood, T., Bogicevic, V., Viglia, G., Beldona, S., & Hofacker, C. (2019). Technological disruptions in services: lessons from tourism and hospitality. Journal of Service Management, 30(4), 484–506. https://doi.org/10.1108/JOSM-12-2018-0398
Desak, N., & Santi, M. (2023). Tourism Wellness Industry as Local Culture in Millenial Perspective at Tourism Polytechnic in Bali. 2(2), 131–140.
Dewi, M., & Runyke, M. (2013). Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor 1, Oktober 2013. Jurnal Komunikasi, 8(1), 79–90.
Dinar Sukma Pramesti. (2022). Pendampingan Pengembangan Desa Wisata Bongan, Tabanan-Bali. Bina Cipta, 1(2), 75–90. https://doi.org/10.46837/binacipta.v1i2.11
Diwyarthi, N. D. M. S. D., Ni Nyoman Sukerti, I Dewa Hendri Pramana, & I Wayan Jata. (2022). Empowering Employees With Glamping As An Alternative Accommodation In The New Normal Era In Kembang Merta Village, Tabanan Regency, Bali Province. Community Development Journal, 6(2), 48–51. https://doi.org/10.33086/cdj.v6i2.3321
Edison, E., & Kartika, T. (2023). Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata Alamendah Melalui Pendekatan Regeneratif. 5(1), 53–60.
Hanana, A., Elian, N., & Marta, R. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menciptakan Masyarakat Sadar Wisata Di Kawasan Wisata Pantai Padang, Kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 34–46. https://doi.org/10.22202/mamangan.v6i1.1886
Juniarta, P. P., Wardana, M. A., & Saputra, K. W. A. (2022). Persepsi Wisatawan Milenial Terhadap Akomodasi Glamping di Kawasan Kintamani. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 27(2), 145–152.
Lamopia, I. W. G., & Nindya, A. P. A. (2023). Pengembangan Model Baru Pariwisata Bali Berbasis. Analisa Sosiologi, 12(1), 93–110.
Nuruddin, Wirawan, P. E., Pujiastuti, S., & Astuti, N. N. S. (2020). Jurnal Kajian Bali. Jurnal Kajian Bali Journal of Bali Studies, 10(23), 579–602. http://ojs.unud.ac.id/index.php/kajianbali
Prasetya, D., & Ansar, Z. (2017). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Community Based Tourism Pada Kawasan Danau Ranau Lumbok Seminung Lampung Barat. Plano Madani?: Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 6(1), 60–72. https://doi.org/10.24252/planomadani.6.1.6
Pratama, I. W. A. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Pemasaran Desa Wisata di Kepulauan Wakatobi. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(1), 27–32. https://doi.org/10.59025/js.v2i1.60
Pratama, I. W. A., & Ramadhan, I. (2022). Studi Netnografi: Dimensi Kepuasan Wisatawan Nusantara Terhadap Homestay di Ubud. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 13(1), 26–33. https://doi.org/10.22334/jihm.v13i1.216
Putra, A. M., & Sutaguna, I. N. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Dikembangkannya Desa Bongan Sebagai Desa Wisata Di Kabupaten Tabanan. Jurnal Analisis Pariwisata ISSN, 18(1), 34–38. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/download/75811/40462
Rinda Rahmawati, A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen J.Co Donuts and Coffee Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 9(1), 17. https://doi.org/10.54144/jadbis.v9i1.4686
Suherlan, H., Adriani, Y., Pah, D., Fauziyyah, I., Evangelin, B., Wibowo, L., Hanafi, M., & Rahmatika, C. (2022). Keterlibatan Masyarakat dalam Mendukung Program Desa Wisata. Barista?: Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 9(01), 99–111. https://doi.org/10.34013/barista.v9i01.623
Syahra, R. (2003). Modal sosial: Konsep dan aplikasi. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 5(1), 1–22. http://www.jurnalmasyarakatdanbudaya.com/index.php/jmb/article/view/256
Tophowijono, N. (2018). Penerapan konsep Comunity Based Torism dalam pengelolaan daya tarik wisata berkelanjutan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58, 20–26.
Wardhani, K., Achmad, Z. A., Permatasari, W. K., Andriani, D., Adianti, A. A. F. P., & Nisa, H. M. (2022). Efektivitas Komunikasi Penyuluhan Pengembangan Desa Wisata Melalui Pembentukan Kelompok Sadar Wisata Berbasis Sapta Pesona. Karya Unggul?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 145–151.
Woda, B. E., Birowo, M. A., Vidiadari, I. S., & Nuswantoro, R. (2021). Pandemic Journalism: A Study of Covid-19 News Coverage on detik.com. Jurnal ASPIKOM, 6(2), 235. https://doi.org/10.24329/aspikom.v6i2.906
Yanti, D. E. S., & Chasanah, I. N. (2022). Desa Wisata Sebagai Penguatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Menuju Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3594
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Wayan Adi Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










