PENDAMPINGAN CREATIVE TEACHERS BERBASIS LESSON STUDY BAGI GURU IPA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Safriana Safriana Universitas Malikussaleh
  • Ade Irfan Universitas Abulyatama
  • Dwi Iramadhani Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18712

Keywords:

Creative Teachers, Lesson Study, Guru IPA

Abstract

Peningkatan mutu pembelajaran tidak terlepas dari peran guru dalam mengelola pembelajaran khususnya dalam mengembangkan materi pembelajaran, metode pembelajaran, evaluasi hasil kegiatan pembelajaran serta pemanfaatan umpan balik hasil evaluasi kegiatan pembelajaran. MGMP sebagai kelompok kegiatan guru diharapkan dapat membantu guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas melalui diskusi dan tukar pendapat sesama anggota serta pelatihan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan guru. Namun sejak masa pandemic, kegiatan MGMP IPA SMP/Mts Kota Lhokseumawe tidak berjalan sebagaimana mestinya, hal ini berdampak pada kualitas pembelajaran dimana saat ini guru belum mampu dan kesulitan mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPA. Sehingga, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan kelompok guru IPA yang tergabung dalam MGMP IPA melalui pendampingan berbasis Lesson Study dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui peningkatan pengetahuan guru tentang implementasi kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar, serta peningkatan kreativitas guru dalam membuat asessmen diagnostik siswa dengan tujuan akhir menghasilkan modul elektronik pembelajaran IPA berbasis kurikulum merdeka. Adapun luaran yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian ini adalah pemberdayaan mitra melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan, Dampak lainnya dari kegiatan pendampingan ini adalah guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran IPA dengan memanfaatkan teknologi informasi.

References

Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.273

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045

Leavy, A. M., & Hourigan, M. (2016). Using lesson study to support knowledge development in initial teacher education: Insights from early number classrooms. Teaching and Teacher Education, 57. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.04.002

Rahmawati, F., Idam, R., & Atmojo, W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I6.1717

Safriana*, S., Fitri, Z., & Ginting, F. W. (2023). Implementation of Fuzzy Tsukamoto Method in Analyze Science Teacher’s Technological Pedagogical Content Knowledge. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(2), 276–287. https://doi.org/10.24815/JPSI.V11I2.27901

Saputri, R. P., & Fransisca, M. (2020). Analisis Kebutuhan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Simulasi Digital. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 902–909. https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/555

Sucahyono, B. B. (2016). Analisa Efesiensi Penerapan Media Ajar Berbasis Digital Class Pada Smpn 4 Pamekasan. Insand Comtech?: Information Science and Computer Technology Journal, 1(1). https://doi.org/10.53712/JIC.V1I1.103

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Safriana, S., Irfan, A., & Iramadhani, D. (2023). PENDAMPINGAN CREATIVE TEACHERS BERBASIS LESSON STUDY BAGI GURU IPA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9346–9351. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18712