EFEKTIFITAS PELATIHAN KETERAMPILAN KERJA KEPADA MASYARAKAT PENCARI KERJA WILAYAH JOMBANG DI UPT BLK JOMBANG

Authors

  • Ilham Anshoruddin Universitas Darul Ulum
  • Shofwatal Qolbiyyah Universitas Darul Ulum
  • Machrus Ali Universitas Darul Ulum
  • Wardatul Mufidah Universitas Darul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18468

Keywords:

Efketifitas Pelatihan, Pengangguran, Ketrampilan Kerja

Abstract

Pengangguran Terbuka merupakan bagian dari angkatan kerja yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan, atau sedang mempersiapkan suatu usaha, mereka yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin untuk mendapatkan pekerjaan. Berkembangnya sektor industri dan wilayah Jombang yang dekat dengan kota-kota industri berpotensi mengentaskan pengangguran. Saat ini masih banyak pencari kerja yang belum memiliki keterampilan yang cukup. Pasar kerja  membutuhkan tenaga kerja yang sudah punya keterampilan dan siap bekerja. Ini menjadi tantangan bagi peserta Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa untuk memberikan keterampilan kerja sebagai bekal di dunia industry atau berwirausaha. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa yaitu melalui pemberian program pelatihan keterampilan kerja dengan menerapkan metodologi pelatihan yang inovatif, sistematis, dan menggunakan media teknologi informasi. Dengan metode ini sangat efektif dibuktikan dengan peserta pada saat kegiatan pelatihan, peserta aktif dan antusias menerima materi yang diajarkan. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kehadiran diatas 90%. Peserta pelatihan memberikan respon yang positif dalam  kegiatan pembelajaran, serta peserta pelatihan dapat menjawab seluruh pertanyaan evaluasi yang diajukan sehingga termotivasi untuk mengembangkan kemampuannya.

References

Amirul Wahid, M. et al. (2019) ‘Strategi Pengembangan Usaha Kripik Pisang Coklat Umkm Di Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang’, Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 1(1), pp. 84–101.

Ali, Machrus dkk. 2022. Metode Asset Based Community Development Teori dan Aplikasinya. Mojokerto:Insight Mediatama.

Ali, Machrus, Endah Wahyuningsih dan Nensy Triristina. 2021. Buku Panduan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Darul Ulum. Serang:CV AA Rizky.

Laura, D. (2017) ‘Faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja sektor industri provinsi – provinsi di Pulau Sumatera’, e-Jurnal Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, 6(1). Available at: https://doi.org/10.22437/jels.v6i1.4182.

Maida W, A. et al. (2022) ‘Pemberdayaan Usaha Ekonomi Kreatif dalam Inovasi Kerajinan Anyaman Pandan di Karanggebang, Munungkerep, Kabuh, Jombang’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(1), pp. 77–82.

Purniawan, D. (2017) ‘Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat pada Area Terdampak Bencana Banjir (Studi Kasus DI Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang)’, Swara Bhumi, 5(1), pp. 1–7.

Sylvia.Vera,"Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kemampuan Kerja sebagai Variabel Intervening pada PT Surya Primatama Nusantara,"Jurnal Ilmiah M-Progress VOL.12, NO. 2, Juni 2022.

Suryani,Intan,"Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Kualitas Kerja Karyawan PT Primadaya Plastindo Unit PPIC,"Jurnal Mahasiswa Manajemen, Volume 2 No.3 (Desember 2021) E-ISSN 2798-1851.

Wicaksono.Hokgy, "Pengaruh Kompetensi, Pelatihan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT Kharisma Gunamakmur,"AGORA Vol. 7, No. 2.

Widodo, M.H. and Ali, M. (2023) ‘Meningkatkan nilai ekonomi dengan pemanfaatan limbah kotoran kambing sebagai tambahan pupuk organik’, Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 3(2), pp. 200–207.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Anshoruddin, I., Qolbiyyah, S., Ali, M., & Mufidah, W. . (2023). EFEKTIFITAS PELATIHAN KETERAMPILAN KERJA KEPADA MASYARAKAT PENCARI KERJA WILAYAH JOMBANG DI UPT BLK JOMBANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7362–7367. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18468