E-PRESENSI BERBASIS QR-CODE SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI SEKOLAH

Authors

  • Ervin Nurul Affrida Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Oky Ardiansyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sinta Fitrianah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Putri Dwi Anggriani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rizki Ardhianto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Fanditya Dwi Rohmatulloh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cindy Dwi Anggraeni Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wanda Meisya Azizah Santi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Jossa Andika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • M. Husnul Fuadi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18424

Keywords:

E-Presensi, Inovasi, Teknologi Pembelajaran

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang memberikan dampak di berbagai sektor, termasuk dalam bidang pendidikan. Fenomena yang muncul, guru dan siswa kecenderungan menggunakan daftar hadir manual melalui kalender dan buku harian kelas. Penggunaan data manual tersebut mempunyai kekurangan dalam bentuk resiko kerusakan dokumen, kehilangan data, serta proses sortir data manual sehingga waktu yang digunakan lebih lama. Oleh karena itu, tim merancang desain e-presensi dengan sistem QR-Code yang telah terhubung dengan database sekolah sehingga memudahkan pendataan kehadiran siswa. Penggunaan e-presensi bertujuan meningkatkan aspek pengetahuan serta keterampilan bagi guru dalam mengimplementasikan teknologi. Pada kegiatan tersebut dilakukan pengenalan dan pemanfaatan teknologi QR-Code melalui e-presensi siswa. Adapun metode yang digunakan adalah ceramah, pelatihan dan pendampingan berbasis cooperative learning kepada 19 siswa dan 1 guru. Hasil pelaksanaan kegiatan di sekolah menunjukkan jika peserta mengalami peningkatan pada aspek pengetahuan tentang teknologi QR-Code sebesar 90%. Selanjutnya pada aspek keterampilan menunjukkan peningkatan sebesar 88%. Selanjutnya, penggunaan e-presensi berbasis QR-Code mendapatkan respon yang positif dari sekolah karena dapat meningkatkan efektivitas evaluasi presensi siswa dengan real time.

References

A.A Rahman Dkk. (2023). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Pt Globak Eksekutif.

Affrida, Ervin Nurul Dkk. (2022). Mesin Penyiraman Otomatis Berbasis Timer Sebagai Alat Perawatan Tanaman Di Taman Sehat Desa Segoro Tambak Kec. Sedati Kab. Sidoarjo. Jurnal Penamas Adi Buana. Vol. 5 No.2, 167-173.

Affrida, Ervin Nurul Dkk. (2023). Automatic Fish Feeder Terjadwal Berbasis Iot Di Kolam Bundar Desa Semampir Kec. Sedati Kab. Sidoarjo. Jurnal Kanigara Vol.3 No.1, 47-53.

Ayu, F., Mustofa, Ari. (2020). Sistem Aplikasi Absensi Menggunakan Teknologi Barcode Scanner Berbasis Android. It Journal Research And Development Vol. 4 No.2

Fitrianah, S., Amilia Safitri, L., Ibara Febriant Utomo, A., Khabibah Dzulkarnaen, R., Sa, K., & Rachma Wahyuni, P. K. (2023). Profil Prestasi Akademik Siswa Bimbingan Belajar Kelas Rendah Dan Tinggi Pada Aplikasi Mobile Learning Mathematic. Jurnal Kependidikan (Vol. 8, Issue 1).

Janatin, Rp., Kurnia, M.D. (2022). Upaya Pengembangan Karakter Pada Generasi Muda Di Era Digital. Jurnal Jubah Raja, Vol. 1 No.2

Priyambodo, Dkk. (2019). Implementasi Qr-Code Berbasis Android Pada Sistem Presensi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer , Vol 7 No.5, Pg. 1011-1020.

Purnasari, Pd., Sadewo, Yd. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol.10 No.3.

Nishom, Dkk. (2023). Pemanfaatan Teknologi Qr-Code Untuk Presensi Siswa Di Era Disrupsi Digital. Jurnal Masyarakat Mandiri, Vol. 7 No.2, Pg. 1984-1992.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Affrida, E. N. ., Oky Ardiansyah, Fitrianah, S., Anggriani, P. D. ., Ardhianto, R. ., Rohmatulloh, F. D. ., Anggraeni, C. D. ., Santi, W. M. A., Andika, J. ., & Fuadi, M. H. . (2023). E-PRESENSI BERBASIS QR-CODE SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI SEKOLAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 6993–6997. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18424