PEMBINAAN MASYARAKAT DESA KRAMAT LABAN MELALUI EDUKASI PENYULUHAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DALAM PENGEMBANGAN UMKM, PRODAK LOKAL DAN INOVASI TEKNOLOGI

Authors

  • Amat Hidayat Universitas Bina Bangsa
  • Siti Adira Kania Universitas Bina Bangsa
  • Muhamad Alfa Universitas Bina Bangsa
  • Miqdad Fauzan Universitas Bina Bangsa
  • Yunita Oktavia Universitas Bina Bangsa
  • Sindy Damayanti Universitas Bina Bangsa
  • Arif Fujianto Universitas Bina Bangsa
  • Siti Nurdiyanah Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18039

Keywords:

Pembinaan Masyarakat, Pengembangan UMKM, Prodak Lokal, Teknologi

Abstract

Pemerintah memiliki peran penting untuk mensejahterakan masyarakat termasuk masyarakat Desa Kramat laban Kecamatan Padarincang, salah satu caranya adalah dengan memfasilitasi organisasi yang lebih tinggi dengan masyarakat untuk melakukan pelatihan sehingga dapat mengubah pemikiran masyarakat untuk dapat berinovasi dengan mengubah untuk masa depan. lebih baik. kehidupan. Inovasi yang berkembang pesat saat ini menggunakan teknologi dengan cara yang juga harus digunakan oleh masyarakat. Pelatihan dilakukan dengan cara terjun langsung  ke masyarakat dan berkumpul di satu tempat untuk memberikan edukasi dan penyuluhan bahwa masyarakat dapat melakukan hal-hal lain yang bermanfaat dengan dampak yang nantinya dapat meningkatkan pendapatan mereka untuk menggantikan perubahan ekonominya. Pengabdian kepada masyarakat dalam pembinaan dengan pemberian edukasi ini memiliki tujuan 1) Mempercepat pemulihan ekonomi, meningkatkan dan mengembangkan kegiatan UMKM, teknologi tepat guna, ekonomi produktif masyarakat. 2) Menunjang pengembangan wilayah melalui peningkatan kualtias sumber daya manusia dan pembangunan daerah.

References

Das, N. A., Firnando, E., Yulhan, Y., Putra, Y., Putri, R. D., Maison, W., Wahyuni, L., Defitri, S. Y., Sukraini, J., & Sofari, A. (2022). Penguatan Lembaga Bumnag Puro Nagari Koto Laweh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(11), 2041–2052.

Marjanto, Damarjati K., dkk. (2013). Kearifan Lokal Dan Lingkungan. Jakarta: PT Gading Inti Prima

Rafni, A., Suryanef, Yusran, R., & Indrawadi, J. (2008). Marjinalisasi dan Pemberdayaan Masyarakat Adat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari di Sumatera Barat. Jurnal Demokrasi, 7(1), 18– 30.

Saharsalita, F., Syamsir, S., Frinaldi, A., & Mubarak, A. (2022). Peran Forum Nagari dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui Dana Corporate Social Responsibility PT Semen. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(2), 131–140.

Sriyanti, E., & Defitri, S. Y. (2022). Pembinaan Literasi Keuangan Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan Wirausaha. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8), 1789–1796.

Sriyanti, E., Nurhayati, N., Yeni, A., & Defitri, S. Y. (2023). Membangun Usaha Dengan Olah Sampah Rumah Tangga (Dulu Sampah Sekarang Berkah) di Nagari Koto Laweh, Kab. Solok. Sejahtera?: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 23–26.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Hidayat, A. ., Kania, S. A. ., Alfa, M. ., Fauzan, M. ., Oktavia, Y. ., Damayanti, S., Fujianto, A. ., & Nurdiyanah, S. . (2023). PEMBINAAN MASYARAKAT DESA KRAMAT LABAN MELALUI EDUKASI PENYULUHAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DALAM PENGEMBANGAN UMKM, PRODAK LOKAL DAN INOVASI TEKNOLOGI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6382–6386. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18039