PENERAPAN WORDS SEARCH GAME DALAM PENGUASAAN KOSAKATA PADA SISWA SMK YPUI PARUNG

Authors

  • Resti Isnaeni Universitas Pamulang Tangerang Selatan
  • Pari Purnaningsih Universitas Pamulang Tangerang Selatan
  • Nur Najibah Sukmawati Universitas Pamulang Tangerang Selatan

Keywords:

Bahasa Inggris, Penguasaan Kosakata, Word Search Game.

Abstract

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era yang semakin mengglobal ini, tak dapat dipungkiri kemampuan berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris begitu sangat penting. Namun, tidak semua siswa mampu menguasai Bahasa yang memang bukan bahasa sehari-hari mereka ini. Rendahnya penguasaan kosa kata secara umum dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: kurangnya penguasaan kosakata dan belum adanya penerapan metode dan model pengajaran Bahasa Inggris yang sesuai dan yang mampu memotiovasi siswa untuk belajar.. Berdasarkan analisa kebutuhan yang diperlukan oleh siswa SMK YPUI Parung, tim dosen memutuskan untuk melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan menerapkan Words Search Game yang bertujuan untuk memberikan variasi pembelajaran bahasa Inggris yang berfokus pada peningkatan penguasaan kosa kata siswa. Selain mampu meningkatkan kosakata dan bentuk kata kata lainnya, words search game ini juga dapat melatih siswa berpikir kritis untuk mencari solusi dari setiap masalah. Oleh karena itu, PkM ini menerapkan metode permainan Words Search Game sebagai salah satu metode yang paling mudah dicerna oleh siswa dan tentunya menciptakan suasana yang menyenangkan saat proses pembelajaran. Metode permainan ini juga diarahkan agar siswa lebih aktif dalam meningkatkan kosa kata Bahasa Inggris. Siswa juga bukan hanya mengetahui arti dan bentuk dari sebuah kata, melainkan juga mengasah artikulasi dan pelafalan kosa kata. Dengan pembelajaran yang menyenangkan, tujuan pembelajaran pun akan tercapai karena siswa terlibat di dalamnya.

References

Afif Fatchur Rahman, (2017). Permainan Edukasi Katelu (Klasifikasi Komponen Komputer) berbasis Android dengan Tools Unity 3D. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Arief, S. 2002. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo

Ariesto H. Sutopo. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dwiyono. 2017. Pengembangan Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Penggunaan Peralatan Tangan (Hand Tools) Dan Peralatan Bertenaga (Power Tools). Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika 7(4): 343-351.

Haddade, H. (2013). Permainan Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab: Teori dan Aplikasinya. Makassar: Alauddin University Press.

Handriyantini, Eva. (2009). Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. E-Indonesia Invitiative 2009 (eII2009).

Indrawati dan Wawan setiawan (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Guru SD. Jakarta. P4TK

Joyce, Bruce & Marsha Weil. (1992). Models of Teaching. USA: Allyn and Bacon

Kemp dan Smellie. 1989. Planning, Producing, and Using Instructional Media. Harper & Row, Publishers, New Yotk. Sixth Edition.

R. A. Rahman dan D. Tresnawati. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, vol. 13, no. 1, hlm. 184-190, Sep 2016.

Rusman, (2007). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMK. Disertasi Doktor pada SPs UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Soeparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: PT. Intan Pariwara.

Syaiful Sagala, 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Trianto, (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Widdiharto, R. 2006. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika

Zaini, H. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center For

Teaching Staff Development.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Isnaeni, R., Purnaningsih, P. ., & Sukmawati, N. N. . (2023). PENERAPAN WORDS SEARCH GAME DALAM PENGUASAAN KOSAKATA PADA SISWA SMK YPUI PARUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3531–3534. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15387