PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH BEBAS PLAGIASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15386Keywords:
Pelatihan, Artikel Ilmiah, Plagiarisme, Etika Penulisan, Deteksi PlagiarismeAbstract
Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Bebas Plagiasi merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang etika penulisan ilmiah, pencegahan plagiarisme, dan metode deteksi plagiarisme. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom pada tanggal 24 Februari 2023, dengan peserta terdiri dari guru, mahasiswa, dan dosen yang berjumlah sekitar 54 orang. Abstrak ini menjelaskan alasan pemilihan topik penelitian/pengabdian masyarakat ini, yaitu untuk menangani masalah plagiarisme yang sering terjadi dalam penulisan ilmiah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi penyampaian materi melalui presentasi, diskusi, dan praktik penyusunan artikel ilmiah. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta tentang etika penulisan ilmiah, pencegahan plagiarisme, serta kemampuan menggunakan metode deteksi plagiarisme. Peserta juga mengembangkan keterampilan penulisan ilmiah yang berkualitas. Kesimpulannya, kegiatan Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Bebas Plagiasi telah berhasil meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kesadaran peserta terkait etika penulisan ilmiah dan pencegahan plagiarisme. Peserta kini memiliki pengetahuan yang kuat tentang pencegahan plagiarisme, metode deteksi plagiarisme, serta keterampilan penulisan ilmiah yang berkualitas tinggi. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan integritas akademik dan kualitas penelitian di lingkungan akademik yang lebih luas.References
Arsyad, A. A., Side, S., & Anas, I. (2023). Pelatihan Pencegahan Plagiasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 92–103.
Fatkhuri, F., & Nurdin, N. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bebas Plagiarisme Untuk Mahasiswa Fakultas Hukum Upn Veteran Jakarta. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 375–383.
Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.
Hermawan, A. (2019). Kebijakan dosen mengurangi plagiarisme pada karya ilmiah mahasiswa. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 264–284.
Purba, I. P. M. H., Adrianto, H., & Silitonga, H. T. H. (2020). Penguatan kompetensi guru biologi Sidoarjo menghasilkan buku ajar bebas plagiarisme. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 157–166.
Rawa, N. R., Laksana, D. N. L., & Nurfahrudianto, A. (2021). Sharing Session: Pencegahan Tindakan Plagiarisme Dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa STKIP Citra Bakti Sharing Session: Pencegahan Tindakan Plagiarisme Dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa STKIP Citra Bakti Sharing Session: Pencegahan Tindakan Plagiarisme Dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa STKIP Citra Bakti. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 607–612.
Setyowati, R. N., Yani, M. T., Warsono, A. S., Purba, I. P., & Widianti, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Bermuatan Moral Dan Pendidikan Karakter Yang Bebas Plagiarisme Pada Mgmp Ppkn Sma/Smk Se Kabupaten/Kota Blitar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1016–1025.
Wibowo, A. (2012). Mencegah dan menanggulangi plagiarisme di dunia pendidikan. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 6(5), 195–200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Basiran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.