PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA MELALUI PENGUATAN KURIKULUM SEKOLAH BERDAYA SAING GLOBAL

Authors

  • Hasna Wijayati Universitas Slamet Riyadi
  • Ganjar Widhiyoga Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15381

Keywords:

Indonesia, Kualitas, Kurikulum, Pendidikan, SMP.

Abstract

Dalam ilmu hubungan internasional, kondisi dunia saat ini dikatakan sedang memasuki tahap globalisasi 4.0 yang ditandai dengan meluasnya teknologi digital di berbagai ranah kehidupan manusia. Perubahan cepat dunia ini juga berlaku bagi aspek informasi dan pemikiran. Kondisi ini menuntut adanya peran penting pendidikan guna memastikan SDM yang dimiliki Indonesia mumpuni dalam menghadapi berbagai situasi tantangan global. Hal ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi SMP Islam Terpadu LHI Yogyakarta, yang terus berusaha untuk berpacu bersama perkembangan globalisasi. Guna memastikan dapat menyajikan kualitas pendidikan terbaik, SMPIT LHI Yogyakarta perlu membenahi kurikulum yang dimiliki dengan menyesuaikannya pada kurikulum yang mampu menjawab tantangan global. Kegiatan pengabdian ini bermitra dengan SMP IT LHI Yogyakarta dengan tujuan memberikan dukungan penguatan kontribusi SMPIT LHI Yogyakarta dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia untuk menjawab tantangan global. Kegiatan yang dilakukan berupa workshop dan pendampingan dalam penyesuaian hingga pengimplementasian kurikulum global di SMPIT LHI Yogyakarta, khususnya kurikulum Inggris Cambridge. Dari kegiatan pengabdian yang dilakukan, diketahui bahwa kurikulum ini dianggap mampu menjadi solusi dalam membekali anak-anak didik dalam menghadapi ragam tantangan global. Kegiatan juga menghasilkan luaran kurikulum baru yang tersusun di SMP IT LHI Yogyakarta. Implikasi lain yang dapat disimpulkan adalah peningkatan kualitas pendidikan Indonesia yang dapat dicapai melalui penguatan kurikulum sekolah berdaya saing global, sehingga dapat menghadapi era disrupsi yang semakin kompleks.

References

Affandy, S. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 192–207. https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.3391

Ahdiat, A. (2023). Daya Saing Digital Indonesia 2023, dari Jakarta sampai Provinsi Baru Papua. https://databoks.katadata.co.id/index.php/datapublish/2023/04/05/daya-saing-digital-indonesia-2023-dari-jakarta-sampai-provinsi-baru-papua

Annur, C. M. (2023). Literasi Digital Indonesia Naik pada 2022, tapi Budaya Digital Turun. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/01/literasi-digital-indonesia-naik-pada-2022-tapi-budaya-digital-turun

Arsilawita, Rusdinal, & Ananda, A. (2021). Sistem Pendidikan Inggris Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1177.

Dewi, D. R. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123

Diocolano, N. G., & Nafiah. (2019). Implementasi kurikulum Cambridge di sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7(1), 38–45. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd

Hairida. (2012). Asesmen Otentik?: Menghadapi Era Globalisasi ( Menjawab Tantangan Internal dan Eksternal Pendidikan ) Email?: hairida_fkipuntan@yahoo.co.id. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 5(2), 417–431.

Laili, D. R. S. (2019). Implementasi Kurikulum Cambridge pada Sistem Pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Inspirasi Manajemen, 7(9).

Muhiddin, A. (2018). Penduduk dan Kualitas Demokrasi (Kumpulan Artikel Kependudukan, Politik dan Pembangunan Demokrasi). Penerbit Deepublish.

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Sujana, I. P. W. M., Cahyadi, I. M. R., & Sari, N. M. W. (2021). Pendidikan karakter untuk generasi digital native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 518–524. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34229

Syahira, H. (2022). Skor Indeks Masyarakat Digital 37,8 dari 100: Literasi Digital RI Masih Rendah. Kumparan. https://kumparan.com/kumparantech/skor-indeks-masyarakat-digital-37-8-dari-100-literasi-digital-ri-masih-rendah-1zTXxrvrAHO/full

Wirayudha, M., Fuar, M., & Wardhani, R. S. K. (2021). Evaluasi Kualitas Pendidik di Era Globalisasi. Current Research in Education: Conference Series Journal, 01(01), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32678

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Wijayati, H. ., & Widhiyoga, G. . (2023). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA MELALUI PENGUATAN KURIKULUM SEKOLAH BERDAYA SAING GLOBAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3598–3605. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15381