PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH

Authors

  • Anita Ninasari Universitas Khairun Ternate
  • Sardjana Orba Manullang Universitas Krisnadwipayana
  • Nugraheni Eko Wardani Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Hendrik ES Samosir Universitas HKBP Nommensen
  • Hamid Wijaya Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Setiawan Putra Syah Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

Pelatihan, Artikel Ilmiah, Pengabdian Masyarakat, Guru, Penelitian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan penyusunan artikel ilmiah bagi 37 guru di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masalah yang diselesaikan dalam kegiatan ini adalah kurangnya pemahaman dan keterampilan para guru dalam menyusun artikel ilmiah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelaksanaan pelatihan secara online melalui aplikasi Zoom pada bulan Februari 2023. Pelatihan melibatkan fasilitator yang memberikan materi dan pembelajaran tentang langkah-langkah menyusun artikel ilmiah yang baik, termasuk penulisan abstrak, metode penelitian, analisis data, dan tata bahasa ilmiah. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan para guru dalam menyusun artikel ilmiah. Mereka mampu menghasilkan karya ilmiah yang lebih relevan, berkualitas, dan dapat diakses oleh komunitas akademik lebih luas. Penyusunan artikel ilmiah juga berdampak positif pada kualitas pendidikan, meningkatkan pemikiran ilmiah dan keterampilan analisis kritis siswa. Kesimpulannya, pelatihan ini memberikan manfaat yang signifikan bagi para guru dan komunitas akademik di Kabupaten Sleman. Para guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam menyusun artikel ilmiah, meningkatkan visibilitas penelitian lokal, dan memperkuat kolaborasi dengan peneliti dan akademisi. Penting untuk melanjutkan dan mendukung kegiatan serupa di masa depan guna terus memperkuat pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di wilayah ini.

References

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BIDANG PENDIDIKAN JASMANI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi STKIP muhammadiyah enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.

Jayanta, I. N. L., Rati, N. W., Diputra, K. S., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru-guru sd. Widya Laksana, 6(1), 1–7.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2021). Pelatihan penyusunan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42–47.

Ruru, Y., Hutabarat, I. M., & Turua, U. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan Menggunakan Aplikasi SPSS Bagi Guru-Guru SMP untuk Menunjang Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Papua, 3(3), 96–99.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Ninasari, A., Manullang, S. O. ., Wardani, N. E. ., Samosir, H. E. ., Wijaya, H. ., & Syah, S. P. . (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3249–3254. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15178