PENYULUHAN KESEHATAN BAHAYANYA MEROKOK BAGI SISWA SMP

Authors

  • Nova Yulianti STIKES Budi Kemuliaan
  • Maria Cleopatra Universitas Indraprasta PGRI
  • Sara Sahrazad Universitas Indraprasta PGRI
  • Harmi Ibnu Djafar Universitas Indraprasta PGRI
  • Sigit Widiyarto Universitas Indraprasta PGRI
  • Ronald Haries Hamonangan Universitas Indraprasta PGRI
  • Toto Widiarto Universitas Indraprasta PGRI
  • Sutina Sutina Universitas Indraprasta PGRI
  • Nia Damayanti Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

Penyuluhan Kesehatan, Merokok, Siswa SMP

Abstract

Merokok merupakan kegiatan yang berdampak buruk tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain atau keluarga yang ada di sekitarnya baik dalam waktu singkat maupun jangka panjang. Perlu diketahui, bahwa di dalam rokok terkandung lebih dari 4.000 jenis bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Merokok menjadi permasalahan yang sering ditemui di sejumlah sekolah. Banyak siswa SMP merokok, dikarenakan oleh pergaulan dan belum cukupnya bekal pengetahuan dan pola pikir pada siswa SMP. Siswa sering di panggil oleh guru bimbingan konseling untuk mendiskusikan dan memberikan pemahaman tentang bahayanya merokok. Namun siswa belum dapat menghentikan kebiasaan yang sudah lama dlakukan, bahkan sudah kecanduan nikotin, membuat tim pengabdian kepada masyarakat terpanggil untuk mengadakan penyuluhan tentang bahayanya merokok. Kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan  secara daring. Kegiatan berlangsung pada bulan Mei 2023. Jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 209 siswa SMPN 13 kota Bekasi. Hasil dari wawancara awal ada 11% siswa SMP merokok dan memerlukan penanganan serius. Sedangkan 5% masih dalam taraf permulaan merokok. Peningkatan pengetahuan siswa tentang bahaya rokok bagi dirinya sendiri ataupun orang lain. Mencegah siswa yang tidak memiliki kebiasaan atau mencoba rokok untuk tidak merokok, untuk yang sudah mulai mencoba rokok untuk berhenti merokok atau menghindari kebiasaan merokok. Kegiatan ini dapat memberikan kesadaran tentang bahayanya merokok. Siswa terjerumus merokok disebabkan oleh, ajakan teman, ingin dianggap hebat dan belum mengetahui tentang bahayanya merokok. Penyuluhan ini dapat memberikan pemahaman tentang bahayanya merokok, sebanyak 52% anak 52% mampu menjawab post test dengan baik.  

References

Anggraheny, Hema Dewi, and Andra Novitasari. 2019. “Upaya Mengatasi Perilaku Merokok Dengan Penyuluhan Bahaya Merokok Di Kelurahan Rejosari Semarang.” Prosiding Seminar Nasional Unismuh 2:143–47.

Diana, Diana, Salasiah Salasiah, Maskan Maskan, and Sumarni Sumarni. 2022. “Penyuluhan Bahaya Mekokok Dan Narkoba Dalam Meningkatkan Kesadaran Remaja Akan Dampak Merokok Dan Narkoba.” PLAKAT?: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat 4(1):87.

Mahyar Suara, Asep Rusman, and Kusnanto. 2020. “Penyuluhan Bahaya Rokok Untuk Meningkatkan Kesadaran Remaja Mengenai Dampak Buruk Rokok Bagi Kesehatan Di Kelurahan Jatibening.” Jurnal Antara Abdimas Keperawatan 3(1):26–30. doi: 10.37063/abdimaskep.v3i1.571.

Martias, Indra, and Suci Nursamsi. 2017. “Pengaruh Penyuluhan Mengenai Bahaya Merokok Menggunakan Media Leaflet Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Di SMPN 3 Bintan Timur.” Jurnal Kesmas Jambi 1(2):76–81. doi: 10.22437/jkmj.v1i1.6532.

Suryati, Ida, Yendrizal Jafri, Falerisiska Yunere, Adiina Mulia, Berly Arnoval, and Akhyar Penditro. 2019. “Penyuluhan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Di Kenagarian Simpang Sugiran Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota.” Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis 1(1):15–18.

Saputri, N. L., Widiyarto, S., Nugroho, N., & Hadi, I. (2022). Penyuluhan Digital Untuk SMP YWKA 2. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 96-102.

Widiyarto, S. (2023). Penyuluhan Metode Paikem Bahasa Inggris Pada Guru Tk Islam Ruhama Kota Bekasi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 258-262.

Widiyarto, S. (2023). SNBT Debriefing for Students of SMA Kanzul Mubarok Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(3), 217-224.

Dja’far, H. I., Hadi, I., Saputri, N. L., Alifah, S., Restoeningrum, R., Wulansari, L., ... & Yanti, S. (2022). Penyuluhan Efektivitas Belajar Daring Untuk Orang Tua Murid SMPN TERBUKA 3 Kota Bekasi. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(5), 474- 480.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Yulianti, N. ., Cleopatra, M. ., Sahrazad, S., Djafar, H. I. ., Widiyarto, S. ., Hamonangan, R. H. ., Widiarto, T. ., Sutina, S., & Damayanti, N. . (2023). PENYULUHAN KESEHATAN BAHAYANYA MEROKOK BAGI SISWA SMP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3006–3012. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14978