PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MEMUDAHKAN GURU DALAM PENYAMPAIAN MATERI DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Paulus Haniko Sekolah Tinggi Agama Kristen Lentera Bangsa Manado
  • Riri Mayliza STIE KBP Padang
  • Suriati Lubis STIKES Darmo
  • Baso Intang Sappaile Universitas Negeri Makassar
  • Siti Aisyah Hanim Universitas Malikussaleh
  • Baiq Fina Farlina STIKes Hamzar

Keywords:

Media Pembelajaran Online, Efektivitas Pembelajaran, Motivasi Belajar, Aksesibilitas, Kolaborasi Guru

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk menjelajahi pemanfaatan media pembelajaran online dalam meningkatkan efektivitas penyampaian materi pembelajaran oleh guru kepada siswa. Dalam kondisi pendidikan yang terus berkembang, guru sering menghadapi tantangan dalam menyampaikan materi secara efektif dan menarik bagi siswa. Pemanfaatan media pembelajaran online menjadi solusi yang dapat diadopsi untuk mengatasi tantangan ini. Melalui kegiatan ini, kami menyelenggarakan pelatihan daring melalui aplikasi Zoom pada bulan Maret 2023. Peserta kegiatan terdiri dari 65 guru dari seluruh Indonesia. Metode pelaksanaan melibatkan presentasi, diskusi, dan sesi praktis yang mengeksplorasi berbagai platform dan fitur media pembelajaran online. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran online memberikan potensi besar dalam memfasilitasi guru dalam penyampaian materi pembelajaran. Dalam era digital yang semakin maju, media pembelajaran online memberikan keuntungan seperti fleksibilitas waktu dan tempat, aksesibilitas yang lebih luas, serta penggunaan multimedia yang interaktif dan menarik bagi siswa. Selain itu, penggunaan media pembelajaran online juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar mereka. Kegiatan ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman, strategi, dan praktik terbaik dalam pemanfaatan media pembelajaran online. Dalam mengadopsi teknologi ini, penting untuk mempertimbangkan aksesibilitas yang merata bagi semua siswa, keberagaman gaya belajar siswa, dan peningkatan kolaborasi antar guru.

References

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328.

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep Dan Implementasi Pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).

Harijanto, B., P, D. K., & Nova, B. P. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Proses Belajar Mengajar Online Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Student Centered Learning (Scl). Jurnal Informatika Polinema, 4(1), 17. Https://Doi.Org/10.33795/Jip.V4i1.139

Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjp/Article/View/14784

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Lestari, N., Mardyansyah Simbolon, M. E., Monica, M., Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran Pjok Menggunakan Media Audio Visual Saat Pandemi Covid-19 Di Bangka Belitung. Riyadhoh?: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.31602/Rjpo.V4i1.4231

Liberta Loviana Carolin, I Ketut Budaya Astra, & I Gede Suwiwa. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas Vii Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. Https://Doi.Org/10.36526/Kejaora.V5i2.934

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika Issn 26158132 (Cetak) Issn 26157667 (Online), 2(1), 50–59.

Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal On Education, 5(4), 12648–12658. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i4.2253

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V4i2.13044

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom Dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Muhammad Denny Wicaksono. Jurnal Ilmu Ilmu Sosial, 17(1), 234–242.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Haniko, P. ., Mayliza, R. ., Lubis, S. ., Sappaile, B. I. ., Hanim, S. A. ., & Farlina, B. F. . (2023). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MEMUDAHKAN GURU DALAM PENYAMPAIAN MATERI DALAM PEMBELAJARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2862–2868. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14856