BAKTI SOSIAL DI KAMPUNG MAWOKAUW JAYA

Authors

  • Rosdiana Rosdiana STIE Jambatan Bulan
  • Aloysius D. Pabendon STIE Jambatan Bulan
  • Sena Kogoya STIE Jambatan Bulan
  • Sitti Hartina Rumbia STIE Jambatan Bulan
  • Windriani Sirappa STIE Jambatan Bulan

Keywords:

Lingkungan, Bakti sosial, Kebersihan

Abstract

Teknologi dan kebiasaan yang dibawanya membuat pola laku masyarakat sedikit demi sedikit mulai berubah. Kebiasaan tenggangrasa, saling peduli sesama dan gotong royong telah jarang ditemui bila dibandingkan dengan pada masa sebelum gawai dan kemudahan jaringan ditemui. Hal ini jugalah yang membuat kami memutuskan untuk membuat kegiatan bakti sosial yang bekerja sama dengan perangkat kampung. Dengan kegiatan bakti sosial yang kami lakukan diharapkan dapat menumbuhkan semangat kepedulian lingkungan bagi masyarakat kampung yang bersangkutan dan percontohan kegiatan ini dapat menjadi model pengabdian masyarakat yang akan terus digunakan oleh mahasiswa untuk mengembangkan image mahasiswa sebagai agen of change yang dekat dengan lingkungan serta masyarakat.

References

Afdalul Munir. “Kampanye Kebersihan Lingkungan Melalui Program Kerja Bakti Membangun Desa Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar.” Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2.1(2022).

Kristyawan, A.R., Dkk. “Meningkatkan Kesadaran Menjaga Kesehatan Dan Kebersihan Lingkungan Masyarakat Pada Masa Pandemi.” Jurnal Abdimas Bina Bangsa Vol. 02 (2021)

Devi Hardiana. ”Perilaku Masyarakat Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Pantai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat.” Jurnal Buana Vol. 2.2 (2018).

Faustino A., Dkk. “Kegiatan Bakti Sosial Di Lingkungan Gereja Paroki Roh Kudus Labuan Bajo.” Http://Repository.Unikastpaulus.Ac.Id (2022).

Widyawati F., Dkk. “Meningkatkan Kesadaran Dan Cinta Lingkungan Hidup Yang Bersih Melalui Kegiatan Bakti Sosial Bersama Warga Kampung Di Desa Compang Namut.” Laporan Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. (2018).

Hasibuan, Rosmidah. "Analisis Dampak Limbah/Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup." Jurnal Ilmiah Advokasi Vol 4.1 (2016).

Khairunnisa., Dkk. "Kampanye Kebersihan Lingkungan Melalui Program Kerja Bakti Membangun Desa Di Lombok Utara." Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 2.2 (2019).

Maria Helena Carolinda Dua Mea. ”Kampanye Kebersihan Lingkungan Melalui Program Kerja Bakti Mahasiswa Program Studi Manajemen Di Kelurahan Potulando, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende.” Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 1.1 (2020).

Mutmainnah.,Dkk. “Aplikasi Social Responsibility: Kegiatan Bakti Sosial Dalam Masa Pandemi COVID-19 Di Kelurahan Kukusan RT 06 RW 05 Kecamatan Beji Kota Depok Jawa Barat 16425.” DEDIKASI PKM UNPAM, Vol. 1.3, (September 2020).

Rafra, Edison. “Kampung Mawokauw Jaya Bentuk Tim Bumdes” (Akses 21 Februari 2023).

Taufiq, Ahmad. Upaya Pemeliharaan Lingkungan Oleh Masyarakatdi Kampung Sukadaya Kabupaten Subang. Jurnal Geografis Gea, 6(2), 2014: Hal. 124-134

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Rosdiana, R., Pabendon, A. D., Kogoya, S. ., Rumbia, S. H. ., & Sirappa, W. . (2023). BAKTI SOSIAL DI KAMPUNG MAWOKAUW JAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2698–2705. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14753