PERAN BADAN PERENCANAAN DAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (BAPELITBANG) DALAM PENINGKATAN KUALITAS PAUD MELALUI PROGRAM HOLISTIK-INTEGRATIF

Authors

  • Maria Santika Wahyuni Mongshi Universitas Nusa Nipa
  • Elisabet Luju Universitas Nusa Nipa
  • Pipiet Niken Aurelia Universitas Nusa Nipa
  • Vinsensius Ama Muda Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14743

Keywords:

Bapelitbang, Holistic-Integratif

Abstract

Tujuan dilakukan kegiatan ini untuk mengetahui bagaimana peran Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) dalam meningkatkan kualitas PAUD melalui program holistik-integratif. Kegiatan magang kerja ini dilaksanakan di kantor Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sikka di Jalan Mawar Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka. Pemerintah Kabupaten Sikka melakukan program lintas sektor menyusun kerangka besar pengembangan PAUD dengan Pendekatan holistik-integratif. Berdasarkan Peraturan Presiden No.60 Tahun 2013 Pasal 1, Pendidikan Anak Usia Dini Holistik-Integratif (PAUD HI) merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

References

Adzroil U.A. Etivali (2019). Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Medan Agama. 10:213-237

Hamzah A. Rifkiawan. (2017) Konsep Pendidikan Dalam Islam Perspektif Ahmad Tafsir. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam.1:73-89.

Laporan Kinerja Badan Perencanaan Dan Penelitian Danpengembangan Kabupaten Sikka Tahun 2021.Https://Www.Bapelitbang.Sikkakab.Go.Id/Dokplan/922398 Laporan%20kinerja%20bapelitbang%202021.Pdf

Madaliyah, Madaliya. (2013) "Raudhatul Athfal: Urgensi Dan Pengaruhnya Dalam Pertumbuhanan Anak Usia Dini (Urgensi Dalam Pertumbuhan Anak Usia Dini)." Journal Analytica Islamica 2.1: 36-52.

Undang-Undang Ri Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Jakarta

Peraturan Bupati Sikka Nomor 51 Tahun 202 Tentang Standarisasi Layanan Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendikbud No.137 Tahun 2014 Tentang Standar Paud.

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Riza A. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Layanan Anak Usia Dini Holistik Integratif Di Pos Paud Pelangi Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik Semarang. Disertasi Tidak Diterbitkan. Semarang: Program Pascasarjan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Kabupaten Sikka,2016 Roadmap Paud Hi Kabupaten Sikka Tahun 2016-2020. Maumere

Salfia P.D. Santri & Hanung E. Atmaja (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Program Magang Mahasiswa Sebagai Upaya Mencetak Sumber Daya Manusia Unggul Dan Berdaya Saing. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. 2:170-178.

Yuniarto, Jefri. Pengembangan Program Holistik Integratif Di Sekolah Integral Hidayatullah Yaa Bunayya Batang Kabupaten Batang. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies, [S.1.], V. 3, N. L, P.41- 48, June. 2014. Issn 2476-9584. Available At.Date Accessed: 16 Oct. 2016.

Downloads

Published

2023-05-17 — Updated on 2023-05-17

How to Cite

Mongshi, M. S. W. ., Luju, E. ., Aurelia, P. N. ., & Muda, V. A. (2023). PERAN BADAN PERENCANAAN DAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (BAPELITBANG) DALAM PENINGKATAN KUALITAS PAUD MELALUI PROGRAM HOLISTIK-INTEGRATIF. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2661–2667. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14743

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.