PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS TEKNOLOGI DAN INOVASI

Authors

  • Wayan Wiwik Widyantari Universitas Ngurah Rai
  • I Made Kariyana Universitas Ngurah Rai
  • Ni Nyoman Sudiyani Universitas Ngurah Rai
  • Kadek Ary Purnama Dewi Universitas Ngurah Rai
  • Ni Putu Yuliana Ria Sawitri Universitas Ngurah Rai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14716

Abstract

Usaha mikro selain mampu menopang ketahanan ekonomi nasional juga mampu menjaga ketahanan ekonomi daerah. Permasalahan yang terjadi adalah persediaan ayam potong banyak yang tidak terjual dan dijual dengan harga yang rendah, selain itu apabila harga ayam sedang turun ataupun stok ayam melimpah dan tidak dapat terjual habis maka mitra akan rugi. Permasalahan yang lainnya adalah rendahnya pengetahuan tentang pengolahan pakan dan manajemen pemeliharaan ayam pedagang. Masalah selanjutnya adalah laporan keuangan yang belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. Hal ini menyebabkan Mitra kesulitan untuk monitoring dan mengontrol arus kas masuk dan keluar serta mengetahui laba atau rugi dari aktivitas bisnisnya. Sebagai pedagang daging ayam potong mentah, mitra menjual barang dagangannya secara tunai. Melihat permasalahan ini, maka perlu diperlukan upaya untuk mecari alternatif guna menghemat pengeluaran dan meningkatkan produktivitas ayam potong. Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mendampingi, memberikan pelatihan dan memberikan bimbingan pada UMKM ayam potong Karya Mesari dalam meningkatkan kapasitas produksi, pemasaran, manajemen keuangan, serta inovasi produk. Dengan pendampingan dan pelatihan kepada mitra diharapkan kondisi mitra dapat bertahan dan lebih mengembangkan usaha bisnis.

References

Arif Julianto Sri Nugroho, M. P. (2021). Pengabdian Masyarakat Pemberdayaan Kapabilitas Wirausaha dan penerapan Biosekuritas Pada Usaha Peternakan Ayam Pedaging Desa Pucangan Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No. 2, 125.

DRS. Saibat, M. D. (2019). Pelatihan Usaha Ternak Ayam Potong Horn Para Anggota Ikatan Haji Muslim "Sabilul Muttaqin" Dusun Sambiroto Taman Sidoarjo. Laporan Pengabdian Masyarakat, 5.

Kuntang Winangun, M. M. (2020). Meningkatkan Produktivitas Home Industri Melalui Mesin Pencabut Bulu Ayam Di Desa Gontor Kabupaten Ponorogo. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 1 No. 1, 41.

Lilis Ambarwati, M. I. (2022). novasi Pengolahan Ransum Berbasis Zero Waste di Kelompok Ternak Sipatuo Kecamatan Balanipa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28.

Tjipto Sajekti, D. S. (2022). Pengolahan Daging Ayam Frozen Sebagai Peningkatan PEmasaran Ayam Potong. Jurnal Abdi Insani Vol 9 Nomor 2, 750-751.

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

Widyantari, W. W., Kariyana, I. M. ., Sudiyani, N. N. ., Dewi, K. A. P., & Sawitri, N. P. Y. R. . (2023). PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS TEKNOLOGI DAN INOVASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2722–2726. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14716