PELATIHAN MOTIVASI BERBAHASA INGGRIS UNTUK E-COMER MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Sujarwo Sujarwo Universitas Megarezky
  • Asdar Asdar Universitas Bosowa
  • Yuriatson Jubhari Politeknik Sandi Karsa
  • Luana Sasabone Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI)
  • Dwi Syukriady Universitas Islam
  • Marwah Achmad Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14665

Keywords:

Bahasa Inggris, Pelatihan, Motivasi, Revolusi Industry 4.0

Abstract

Di era globalisasi, bahasa Inggris memegang peranan yang sangat penting, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa/orang tua. Kemampuan menguasai bahasa asing di era globalisasi sangat penting dan menjadi unsur penting kemajuan suatu negara. Penguasaan bahasa asing menjadi prioritas penting sebagai salah satu kebutuhan zaman. Namun bukan berarti bahasa Indonesia tidak pergunakan dalam komunikasi sehari hari. Menguasai bahasa asing/Bahasa Inggris dalam bidang pendidikan dapat mempermudah mendapatkan beasiswa untuk pendidikan lebih lanjut. Menguasai bahasa asing dapat memberikan keuntungan dalam memahami budaya negara lain. Ini memudahkan seseorang untuk terhubung dengan seluruh dunia dan bersaing di era 4.0. Hasil kegiatan PKM ini di dapatkan dapat memberikan tips dan trik pembelajaran Bahasa Inggris agar tercipta proses belajar mengajar bahasa Inggris yang menyenangkan serta menarik, mempersiapkan peserta Workshop agar lebih siap menghadapi revolusi Industri 4.0. Kesimpulan bahwa kegiatan pelatihan dapat memotivasi Bahasa Inggris Bagi E-Comer dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 sangat bermanfaat dan meningkatkan motivasi dan mampu meningkatkan minat mahasiswa untuk terus belajar khususnya belajar bahasa Inggris

References

Adelin, Melda. (2012). Wow Belajar Bahasa Inggris Itu Mudah.Visi 7.

Amiruddin, M., & Jannah, U. R. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini di Daerah Terpencil Kecamatan Pademawu Pamekasan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18-22.

Cameron, L. (2001).Teaching Languages to Young Learners. UK: CUP

Chodidjah, I. (2004). Preparing Teachers to Teach English to Young Learners: A Customized Model. Available at http://uptbahasaitb.tripod com/conf2004. Retrieved on December 2007.

Echols, John dan Hasan Shadily. (2003). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Irwan, I., & Anggraini, D. (2020). Language Learning Model For 4.0. Industrial Revolution: Combining Inquiry Model and Contextual Teaching Learning Based on Local Wisdom Value. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(1), 125-134.

Kaltsum, Honest Ummi, dkk. (2015). “Efektivitas Mata Kuliah Bahasa Inggris di PGSD Terhadap Keyakinan Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Mengajar.

Mandasari, B., Aminatun, D., Ayu, M., & Hamzah, I. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Active Learning Bagi Siswa-Siswi Ma Ma'arif 9 Kotagajah Lampung Tengah. Journal of Empowerment Community, 4(2), 46-55.

Moon, J. (2000). Children Learning English. China: Macmillan Heinemann.

Mukarto, dkk. (2007). Grow with English Book 5. Jakarta: Erlangga

Pratama, E. Y. (2017). PKM Pelaksanaan Kursus Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini (English for Young Learners) dan Bimbingan Belajar. PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, 1-10.

Rezeki, R.,Sujarwo, & Ibrahim, M. (2022). The Teacher’s Strategies in Overcoming Students’ Speaking Problems at SMAN 1 Selayar. EDULEC: Education, Language And Culture Journal, 2(1), 67-79.

Safitri, H., Taman, P., & Maharini, M. T. (2022). Peningkatan Motivasi Siswa Berbicara Bahasa Inggris Melalui Menonton Video. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 934-947.

Sarmila, Sujarwo, & Suharti Siradjuddin. (2023). An Analysis of Translation Method Used by Students of the Sixth Semester. International Journal of Education and Humanities (IJOLEH), 2(1), 1–15. https://doi.org/10.56314/ijoleh.v2i1.79

Selamat, E. H., Ekalia, Y. J., Kudus, M. E. K., & Gagul, Y. H. (2022). English Virus Environment:: Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Games dan Songs. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 113-120.

Scott, W. A & Lisbeth H. Y. (1990). Teaching English to Children. New York: Longman Group.

Sujarwo, S., & Akhiruddin, A. (2020). Pendampingan Pembelajaran Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Pada Sekolah Dasar Inpres Gowa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 4(2), 55-65.

Sujarwo, Jubhari, Y., Sasabone, L., & Uleng, B. P. (2022). Pelatihan Meningkatkan Skill Bahasa Inggris Dan Hasil Test Toefl Pada Mahasiswa Apoteker. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1(1), 28-36.

Sukmawati, S., & Sabillah, B. M. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa TK IT Fajar Mannuruki Kabupaten Maros Berbasis Animasi. Indonesia Berdaya, 1(1), 7-14.

Wijirahayu, S., & Syarif, M. S. (2019). Pengembangan Multimedia Integratif Bahasa Inggris untuk Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal SOLMA, 8(2), 317.

Yulia. Y. (2014). An Evaluation of English Language Teaching Programs in Indonesian Junior High Schools in the Yogyakarta Province. Doctor of Philosophy (PhD), Global, Urban and Social Studies, RMIT University.

Yuriatson Jubhari, Nursyam, Luana Sasabone, Rosmiaty, & Tuan Nordin bin Tuan Kechik. (2022). The Students’ Perception on Teaching Narrative Writing Skills through Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach. International Journal of Education and Humanities (IJOLEH), 1(2), 140–151. https://doi.org/10.56314/ijoleh.v1i2.80

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Sujarwo, S., Asdar, A., Jubhari , Y., Sasabone, L., Syukriady, D., & Achmad, M. . (2023). PELATIHAN MOTIVASI BERBAHASA INGGRIS UNTUK E-COMER MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2849–2855. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14665