PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PENGEMBANGAN NILAI LOYALITAS DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Authors

  • Mahendra Ristanto K PT PLN Nusantara Power UP Rembang
  • Arief Rachman P PT PLN Nusantara Power UP Rembang
  • Edi Saptura PT PLN Nusantara Power UP Rembang
  • Vernando Pratama Putra PT PLN Nusantara Power UP Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14646

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Loyalitas, Berwawasan Lingkungan

Abstract

Rembang merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Tengah dengan kondisi geografisnya yang kompleks sehingga Sumber Daya Alam nya sangat mendukung kehidupan masyarakat. Namun kondisi SDA yang ada belum dikelola dengan baik karena kondisi SDM yang kurang memiliki kapasitas untuk mengelolanya. Selain itu, masalah sosial yang ada seperti pengangguran dan kemiskinan menjadi faktor pendukung dalam kurangnya SDM. Hal ini juga terjadi di wilayah Desa Sendangasri yang merupakan wilayah disekitar PT PLN Nusantara Power UP Rembang. Sebagai entitas bisnis yang juga memiliki tanggung jawab untuk memberdayakan masyarakat, PT PLN Nusantara power berusaha mengatasi masalah melalui program pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dilakukan melalui pendekatan Asset Based Community Development dengan pengembangan nilai lokalitas dan berwawasan lingkungan dapat meningkatkan potensi SDA dan SDM di Desa Sendangasri, Rembang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pemberdayaan masyarakat di wilayah Desa Sendangasri dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dapat menberikan penjelasan secara mendalam terkait hasil analisis.

References

Alfitri. (2011). Community Development, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriawan, F. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Pemuda Melalui Budidaya Jamur Tiram. Amalee: Indonesian Journal of Community Research & Engagement, I(1), 47–58.

Data Monografi Desa Sendangasri Tahun 2023.

Hamid, H. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Makassar: De La Macca.

Hernanda Dimas, Tri. (2019). Efektivitas Pupuk Kandang Kambing Dan Poc Urin Kelinci Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Buncis (Phaseolus Vulgaris L). Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas sains dan Tekhnologi, 1(1), 428.

Strauss, Anselm dan Yuliet Corbin. 2007. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

K, M. R., P, A. R. ., Saptura, E. ., & Putra, V. P. . (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PENGEMBANGAN NILAI LOYALITAS DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2992–2997. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14646