PEMBUATAN IRIGASI PENGKABUTAN GREENHOUSE PRODUKSI I PERKEBUNAN HIDROPONIK WANGUNSARI FARM MENGGUNAKAN KENDALI INTERNET

Authors

  • Budi Herdiana Universitas Komputer Indonesia
  • Jana Utama Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14587

Keywords:

Hidroponik, Greenhouse, Irigasi Otomatisasi, Penyiraman Pengkabutan

Abstract

Perkebunan Hidroponik Wangunsari Farm merupakan pusat pembibitan sayuran hidroponik terbesar di Kabupaten Bandung Barat yang banyak menghasilkan berbagai jenis sayuran berkualitas. Pada umumnya salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan kualitas sayuran adalah pengelolaan sistem irigasi penyiraman terjadwal secara akurat. Selama ini sistem penyiraman sayuran di greenhouse produksi I hidroponik Wangunsari Farm ini masih belum menerapakan sistem penyiraman secara otomatis terjadwal dan masih melakukan secara tradisional. Di sisi lain juga kondisi lingkungan di dalam greenhouse sendiri tidak terawasi secara baik yang berdampak pada proses keterlambatan pertumbuhan dan sering terjadi kerusakan sayuran. Karena itu diperlukan usulan pembuatan sistem penyiraman otomatisasi menggunakan model pengkabutan guna menyelesaikan permasalahan ini. Langkah-langkah untuk menyelesaikannya adalah dilakukan dengan cara membuat perencanaan, perancangan serta proses pabrikasi sistem. Berdasarkan gambaran permasalahan yang ada, maka kegiatan pengabdian ini bertujuan membuat sebuah model sistem penyiraman otomatis tipe pengkabutan yang berguna untuk meningkatkan kualitas sayuran dan efektivitas beban kerja serta mengefisiensikan waktu kerja penyiraman. Hasilnya memperlihatkan bahwa kinerja sistem dapat bekerja baik serta melakukan proses otomatisasi penyiraman mengkuti perubahan kondisi lingkungan sekitar secara akurat. Kontribusi ke depannya dapat dikembangkan sistem pengairan cerdas untuk area lebih luas dengan varietas tanaman yang lebih beragam.

References

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2021, Maret). Produksi Tanaman Sayuran. Diunduh dari: https://www.bps.go.id/indicator/55/61/1/produksi-tanaman-sayuran.html tanggal 12 April 2023.

Tribowo, R.I (2014). Pengembangan dan implementasi teknologi irigasi hemat air. Jakarta: LIPI Press.

Trias Utomo, D., Baihaqi, A., Asysyauqi, H., Azizisani, R., Ash’shobir, A., & Satria Wijaya, H. (2022). Perancangan Sistem Penyiraman Otomatis pada Greenhouse guna Meningkatkan Kualitas Bibit Tanaman Anggur (Vitis vinivera) di Daerah Sidoarjo. JEECOM, 4(1), 46-50.

Martin, K., & Susandi, D., (2022). Perancangan dan Implementasi Sistem Irigasi Kabut Otomatis Tanaman Edelweis menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA, 6(1), 57-66.

Nurrahmi, S., Miseldi, N., & Syamsu, SH. (2022). Rancang Bangun Sistem Penyiraman Otomatisasi pada Greenhouse Tanaman Anggrek Menggunakan Sensor DHT22. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 11(1), 33-43.

Rahma Putri, A., Suroso & Nasron. (2019). Perancangan Alat Penyiram Tanaman Otomatis pada Miniatur Greenhouse berbasis IoT. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri 2019, 1(1), 155-159.

Minariyanto, A., Mardiono & Lestari, SW. (2020). Perancangan Prototype Sistem Kendali Otomatis pada Greehouse untuk Tanaman Cabai Berbasis Arduino dan Internet of Things. Jurnal Teknologi, 7(2), 120-134.

Purwanto, N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: CV. Tambak Kusuma Jakarta.

Ariansyah, K & Wahyuningsih, S. (2016). Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Pitalebar pada Jaringan Bergerak Seluler. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 14(2), 113 – 130.

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Herdiana, B. ., & Utama, J. . (2023). PEMBUATAN IRIGASI PENGKABUTAN GREENHOUSE PRODUKSI I PERKEBUNAN HIDROPONIK WANGUNSARI FARM MENGGUNAKAN KENDALI INTERNET. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3672–3675. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14587