EDUKASI MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN KEBAKARAN DENGAN METODE PERMAINAN PESAN BERANTAI DAN SUSUN KALIMAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14341Keywords:
Kebakaran, Penyuluhan, Permainan, Pesan berantai, Susun kataAbstract
Kebakaran dapat terjadi kapan saja dengan frekuensi kejadian yang cukup tinggi. Kerugian akibat kebakaran pada sektor perumahan dapat sangat besar, baik dari segi materi maupun korban jiwa. Desa Sukmaulya tidak luput dari potensi terjadinya kebakaran. Meskipun tidak terdapat data atau laporan mengenai kebakaran yang pernah terjadi dalam beberapa tahun terakhir, begitu pula mengenai pengetahuan masyarakat tentang pencegahan kebakaran, belum ada data atau evaluasi yang dapat dijadikan acuan. Namun upaya edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang tindakan pencegahan kebakaran perlu dilakukan untuk meningkatkan kesiapan warga dalam merespons kebakaran dengan tepat waktu dan sesuai. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pencegahan kebakaran di pemukiman. Metode yang digunakan adalah pendidikan masyarakat berupa penyuluhan dengan pendekatan permainan pesan berantai dan susun kata. Hasil kegiatan menunjukkan pelaksanaan kegiatan penyuluhan berjalan dengan baik dan lancar. Tujuan kegiatan dapat tercapai dengan baik yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan pengetahuan sebesar 54% secara keseluruhan. Selain itu, terdapat beberapa responden yang mengalami peningkatan pengetahuan yang cukup signifikan. Permainan berhasil membuat peserta memahami lebih jauh mengenai pencegahan kebakaran, namun perlu dilakukan peningkatan durasi dan melibatkan lebih banyak stakeholder untuk meningkatkan efektivitas kegiatan di masa depan.References
Ahmad, S. (2022, August). 7 Cara Mencegah Kebakaran di Pemukiman Padat Penduduk. https://era.id/news.
Al Fikri, A. (2022, December). Kebakaran Permukiman Warga di Mampang, BPBD: 600 Jiwa Mengungsi. https://metro.sindonews.com.
Al-Ghassani, A. M., Al-Waili, N. S., & Al-Zadjali, M. (2017). Investigating the effectiveness of using educational games in teaching and learning English grammar in the Omani basic education. The Electronic Journal of E-Learning, 15(4), 276–290.
Badger, S. G. (2022, October). Catastrophic Multiple-Death Fires and Explosions in the United States in 2021. https://www.nfpa.org.
Bagaskara, A., & Santiko, A. (2021). Pelaksanaan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Di Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(2), 151–156.
Cahyani, N., Zahran, W. S., & Irwansyah, I. (2021). Efektivitas Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Bangunan Rumah Dan Lahan Pada Masyarakat Di Permukiman Padat Penduduk (Studi Kasus Di Kecamatan Bekasi Utara, Periode Tahun 2021). Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(4), 390–397.
Gayatri, M. D. (2022, December). Kerugian kebakaran di DKI Jakarta sepanjang 2022 capai Rp130,6 miliar. https://www.antaranews.com.
Huda, L. (2022, September). Ada 8.004 Kebakaran Terjadi Sepanjang 2018-2022, Korsleting Jadi Penyebab Terbanyak. https://megapolitan.kompas.com
Khalid, H. M., & Al-Fraihat, D. (2018). Investigating the impact of using educational games on student engagement and learning in Arabic courses. Psychology Research and Behavior Management. Psychology Research and Behavior Management, 11, 437–443.
Marfuah, U., Casban, C., Sunardi, D., & Dewi, A. P. (2021). Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Untuk Warga RT 08 RW 09 Kelurahan Kebon Pala Kecamatan Makasar Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 3(1), 7–16.
Rizaty, M. A. (2023, March). Kasus Kebakaran di jakarta Meningkat pada tahun 2022. https://dataindonesia.id.
Saraswati, R., & Marsito, M. (2019). Simulasi Bencana Kebakaran Dan Kegawatdaruratan Rumah Tangga Pada Masyarakat Di Desa Kalibeji Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. Prosiding University Research Colloquium, 172–175.
Saut, S., Praditya, A., & Donald, G. S. (2013). Analisis Upaya Pencegahan Bencana Kebakaran di Permukiman Padat Perkotaan Kota Bandung, Studi Kasus Kelurahan Sukahaji. Resillience Development Initative, 3(1).
Sutriyanto, K., Raksanagara, A. S., & Wijaya, M. (2016). Pengaruh Permainan Kartu Kasugi terhadap Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(4).
Tsai, C. W., Lin, C. Y., & Chang, Y. C. (2020). The effectiveness of an online health game and its potential to promote self-management for older women with chronic illnesses: A quasi-experimental study. BMC Medical Education, 20(1), 150.
Wijayanti, T. S., Fayasari, A., & Khasanah, T. A. (2021). Permainan Edukasi Ular Tangga Meningkatkan Pengetahuan Dan Konsumsi Sayur Buah Pada Remaja di Jakarta Selatan. Journal of Nutrition College, 10(1), 18–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Isyeu Sriagustini, Tita Rosmiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










