UPAYA PENINGKATAN OMSET PENJUALAN DENGAN PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN EKONOMI HIJAU MELALUI PACKAGING PADA “USAHA KUE NONA MANIS”
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14132Keywords:
SME, Packaging Design, Economy, Growth, Promotion.Abstract
Data Kementerian Koperasi dan UMKM Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM menyebutkan UMKM di Indonesia sudah menembus 51,2 juta unit usaha. Era globalisasi mengakibatkan persaingan di segala bidang usaha menjadi semakin ketat. Menghadapi hal tersebut maka perusahaan harus berorientasi pada pemasaran di mana semua kegiatan perusahaan diarahkan untuk memenuhi keinginan konsumen sehingga tercipta suatu kepuasan. Oleh karena itu diperlukan suatu kebijakan yang tepat dalam mengembangkan bisnis melalui promosi digital agar usahanya bisa tetap bertahan dan dapat bersaing dengan bidang usaha lainnya yang sangat kompetitif. Seiring dengan dukungan pemerintah, usaha kecil dan menengah (UKM) dari industri kreatif semakin bermunculan. Salah satu subsektor industri kreatif yang banyak dibina oleh pelaku UMKM adalah industri kuliner seperti industri makanan. Berdasarkan hasil wawancara secara mendalam dan observasi dengan pemilik UMKM Kue Nona Manis Fhiklakue, terkait masalah dalam packaging yang kurang safety. Hal ini lebih dkarenakan pengetahuan yang masih minim dari para pelaku UMKM mengenai variasi packaging yang menarik. Masih banyak pelaku UMKM di desa ini yang belum mengetahui tentang, informasi apa saja yang harus dicantumkan dalam packaging, serta bagaimana teknik dan desain packaging yang menarik.References
Husic?-Mehmedovic?, M., Omeragic?, I., Batagelj, Z., & Kolar, T. (2017). Seeing is not necessarily liking: Advancing research on package design with eye- tracking. Journal of Business Research, 80, 145– 154. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.04.019
Velasco, C., Pathak, A., Woods, A. T., Corredor, A., & Elliot, A. J. (2020). The relation between sym- metry in food packaging and approach and av- oidance words. Quarterly Journal of Experi- mental Psychology, 73(5), 654–663. https://doi. org/10.1177/17470218 19887172
Kotey, B. and Meredith, G.G. (1997), “Relationships among owner/manager personal values, business strategies, and enterprise performance”, Journal of Small Business Management, Vol. 35, pp. 37-64.
Perengki, S., Mohammad Enamul H., Najeeb U. S., Andel H.C., Nik Mohd H.N., Nor L. A. (2021). Entrepreneurial orientation and performance of SMEs: the roles of marketing capabilities and social media usage. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies. Emerald Publishing Limited, pp. 2053-4604 DOI 10.1108/JEEE-03-2021-0090
Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston dan Fiona Ellis-Chadwick, 2015, Internet Marketing: Strategy, Implementattion And Practice, Pearson Education Limited, London, England.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitri Ayu Nofirda, Ikhbal Ahmad, Adelina Syavira, Nurul Ramadhanti, Nindia Husna Marsyhandya, Mutiara Syakilla
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.