UPAYA PENINGKATAN OMSET PENJUALAN DENGAN PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN EKONOMI HIJAU MELALUI PACKAGING PADA “USAHA KUE NONA MANIS”

Authors

  • Fitri Ayu Nofirda Universitas Muhammadiyah Riau
  • Ikhbal Ahmad Universitas Muhammadiyah Riau
  • Adelina Syavira Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nurul Ramadhanti Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nindia Husna Marsyhandya Universitas Muhammadiyah Riau
  • Mutiara Syakilla Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14132

Keywords:

SME, Packaging Design, Economy, Growth, Promotion.

Abstract

Data Kementerian Koperasi dan UMKM Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM menyebutkan UMKM di Indonesia sudah menembus 51,2 juta unit usaha. Era globalisasi mengakibatkan  persaingan  di  segala bidang usaha menjadi semakin ketat. Menghadapi hal tersebut maka    perusahaan harus berorientasi pada pemasaran di mana semua  kegiatan  perusahaan    diarahkan  untuk  memenuhi keinginan  konsumen sehingga tercipta  suatu kepuasan. Oleh karena itu diperlukan suatu kebijakan yang tepat dalam mengembangkan bisnis melalui promosi digital agar usahanya bisa tetap bertahan dan dapat bersaing dengan bidang usaha lainnya  yang sangat kompetitif. Seiring dengan dukungan pemerintah, usaha kecil dan menengah (UKM) dari industri kreatif semakin bermunculan. Salah satu subsektor industri kreatif yang banyak dibina oleh pelaku UMKM adalah industri kuliner seperti industri makanan. Berdasarkan hasil wawancara secara mendalam dan observasi dengan pemilik UMKM Kue Nona Manis Fhiklakue, terkait masalah dalam packaging yang kurang safety. Hal ini lebih dkarenakan pengetahuan yang masih minim dari para pelaku UMKM mengenai variasi packaging yang menarik. Masih banyak pelaku UMKM di desa ini yang belum mengetahui tentang, informasi apa saja yang harus dicantumkan dalam packaging, serta bagaimana teknik dan desain packaging yang menarik.

References

Husic?-Mehmedovic?, M., Omeragic?, I., Batagelj, Z., & Kolar, T. (2017). Seeing is not necessarily liking: Advancing research on package design with eye- tracking. Journal of Business Research, 80, 145– 154. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.04.019

Velasco, C., Pathak, A., Woods, A. T., Corredor, A., & Elliot, A. J. (2020). The relation between sym- metry in food packaging and approach and av- oidance words. Quarterly Journal of Experi- mental Psychology, 73(5), 654–663. https://doi. org/10.1177/17470218 19887172

Kotey, B. and Meredith, G.G. (1997), “Relationships among owner/manager personal values, business strategies, and enterprise performance”, Journal of Small Business Management, Vol. 35, pp. 37-64.

Perengki, S., Mohammad Enamul H., Najeeb U. S., Andel H.C., Nik Mohd H.N., Nor L. A. (2021). Entrepreneurial orientation and performance of SMEs: the roles of marketing capabilities and social media usage. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies. Emerald Publishing Limited, pp. 2053-4604 DOI 10.1108/JEEE-03-2021-0090

Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston dan Fiona Ellis-Chadwick, 2015, Internet Marketing: Strategy, Implementattion And Practice, Pearson Education Limited, London, England.

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Nofirda, F. A. ., Ahmad, I. ., Syavira, A. ., Ramadhanti, N. ., Marsyhandya, N. H. ., & Syakilla, M. . (2023). UPAYA PENINGKATAN OMSET PENJUALAN DENGAN PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN EKONOMI HIJAU MELALUI PACKAGING PADA “USAHA KUE NONA MANIS”. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2414–2421. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14132