PKM PELATIHAN SPORT MASSAGE BAGI SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMP NEGERI 2 MAJENE PROVINSI SULAWESI BARAT

Authors

  • Hasbunallah, AS Universitas Negeri Makasar
  • Sufitriyono Sufitriyono Universitas Negeri Makasar
  • Ihsan Abbas Universitas Negeri Makasar
  • Andi Ridwan Universitas Negeri Makasar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13869

Keywords:

Sport Massage, Olahraga

Abstract

Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah SMP Negeri 2 Majene Sulawesi Barat. Masalahnya adalah: (a) Sebagian besar Siswa SMPN 2 Majene belum pernah dibekali dengan pemahaman massage dalm pertandingan. (b) Kendala cedera dalam pertandingan masih sering didapatkan para atlet. (c) Masih kurangnya kesadaran siswa bahwa salah satu faktor agar performa atlet dilapangan baik adalah pemberian massage. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah : (a) Pelatihan  Sport Massage bagi siswa dapat meningkatkan  pengetahuan  tentang bagaimana pentinganya massage dalam olahraga sebagai salah satu agar kita terhindar dari cedera. (b) Peningkatan pemahaman bagi peserta pelatihan Sport Massage dilakukan dengan metode ceramah disertai tanya jawab dan demonstrasi. (c) Semua peserta sangat antusias dan kooperatif dalam mengikut pelatihan ini.

References

Basoeki Hadi. Sport Massage seni pijat untuk olahragawa dan umum. Jakarta: Pustaka

Merdeka, 2001

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sport Massage, Dit. Jen. Pendidika Luar Sekolah,

Pemuda dan Olahraga Departemen Pendidikan dan Kebudayaan R.I Dip. Tahun 2000

Rahim. Massage Olahraga. Jakarta: Pustaka Merdeka, 2004

Sri Nuraini. Pelatihan massage bagi eks tenaga kerja Indonesia di Subang Jawa Barat. LPM UNJ. Tahun 2009 .

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

AS, H. ., Sufitriyono, S., Abbas, I. ., & Ridwan, A. . (2023). PKM PELATIHAN SPORT MASSAGE BAGI SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMP NEGERI 2 MAJENE PROVINSI SULAWESI BARAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2117–2120. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13869