PENINGKATAN EKONOMI KERAKYATAN BERBASIS ECOPRINT UNTUK IBU RUMAH TANGGA DI DESA KEBASEN

Authors

  • Kusuma Ningtiyas Pramita Resya Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal
  • Umul Inayah Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal
  • Rizka Laila Izzati Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13676

Keywords:

Pelatihan, Kerajinan, Ecoprinting, Sampah Daun

Abstract

Kegiatan pelatihan ecoprinting dilatarbelakangi oleh persoalan kebersihan lingkungan dari sampah dedaunandan bunga serta ketidaktahuan peserta dalam mengolah sampah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan ecoprinting ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Jumlah peserta kegiatan pelatihan ecoprinting adalah 11 orang peserta ibu-ibu PKK di Kebasen Talang Tegal. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ecoprinting adalah memberikan demo bagaimana cara mengolah sampah dedaunan dan bunga yang basah menjadi produk yang bernilai dan bermanfaat. Bahan dan alat yang diperlukan adalah daun atau bunga, kain katun, tawas, cuka, air, baskom dan palu. Dari hasil kegiatan ini menjadikan Ibu-Ibu PKK di Kebasen Talang Tegal memiliki ketrampilan dalam membuat ecoprinting, yang hasilnya dapat mereka aplikasikan dalam membuat suatu bentuk kerajinan, salah satunya taplak meja. Selain itu kegiatan ini juga memberikan wawasan kepada warga untuk lebih menjaga lingkungan agar tidak membakar sampah.

References

Amaris clourisa Nindhita, dkk. 2011. Pengenalan Ecoprint Guna Meningkatkan Ketara Dalam Pemanfaatan Bahan Alam, (Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat), Vol. 4. No.1

Genesiska, dkk., 2020. Peningkatan Keterampilan PKK Perak Asri Kabupaten Bantul Melalui Produk Ecoprint Ramah Lingkungan dan Berdaya Saing.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: Yogyakarta.

Hasmawati, Ekonomi Kerakyatan Berbasis Potensi Lokal, (Jurnal Manajemen Dakwah: UIN Raden Fatah, 2018). Vol.1, No. 1.

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/yoneti. Diakses : kamis, 16 Februari 2023

http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3262.Diakses : kamis, 16 Februari 2023

Saraswati Ratna, dkk. 2019. Pemanfaatan Daun Untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata, Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia : Depok.

Septiani MegaPratiwi.2017. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Terhadap Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga Di Dusun Satu Kecubung Desa Terbanggi Lampung Tengah, UIN Raden Intan: Lampung

Baswir, Revrison, 2010. Ekonomi Kerakyatan Vs Neoliberalisme, (Ekonomi Kerakyatan Vs Neoliberalisme: Tim Ahli Pusat StudiEkonomi Kerakyatan UGM), Diakses Pada 24, Februari 2023.Pukul 22.47.

Https://www.Spi.Or.ld/Wp-Content/Uploads/PDF/001.Pdf Boge Triatmanto, Strategi Mempertahankan Usaha Dan Meningkatkan Peran Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Pada KegiatanPemberdayaan Ekonomi Masyarakat Batik Zheng, (Malang:Universitas Merdeka Malang, 2020), Dalam Jurnal Aplikasi SainsDan Teknologi, Vol.4, No. 2. Diakses Pada 24 Februari 2023.Pukul23.00.

https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/jast/article/view/2063

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/yonetim Ratna Saraswati, dkk. 2019. Pemanfaatan Daun Untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata, (Depok: Departemen Geografi FMIPAUniversitas Indonesia), hlm. 1.

http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3262

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Resya, K. N. P., Inayah, U. ., & Izzati, R. L. . (2023). PENINGKATAN EKONOMI KERAKYATAN BERBASIS ECOPRINT UNTUK IBU RUMAH TANGGA DI DESA KEBASEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2150–2153. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13676